Generasi milenial dan gen Z menjadi sasaran utama untuk meningkatkan kesadaran menuju transisi energi....
Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 89 mahasiswa program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Gerilya Academy Batch 6 Kementerian ESDM mengikuti bimbingan teknis dan site visit, di Kantor Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ketenagalistrikan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE), Jakarta.

Bimbingan teknis (bimtek), yang berlangsung Rabu (28/2) tersebut, melengkapi bekal teoritis yang telah diperdalam para mahasiswa Gerilya Academy melalui pembelajaran daring sebulan terakhir.

Kepala PPSDM KEBTKE Kementerian ESDM Susetyo Edi Prabowo dalam keterangannya, di Jakarta, Kamis, menyampaikan apresiasinya atas antusiasme para mahasiswa yang mengikuti program Gerilya Academy dalam mendukung percepatan transisi energi mencapai net zero emission (NZE) pada 2060 atau lebih cepat.

Menurut dia, dalam rangka menyelesaikan amanat untuk mencapai target NZE itu, dukungan serta turun tangan semua pihak sangat diperlukan.

"Generasi milenial dan gen Z menjadi sasaran utama untuk meningkatkan kesadaran menuju transisi energi, mengingat di tangan generasi inilah nantinya target NZE digantungkan," ujar Susetyo.

Program Gerilya Academy Batch 6 yang diikuti 89 mahasiswa itu berasal dari 45 perguruan tinggi, dari total 1.620 pendaftar yang berasal dari 185 perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

Sebanyak 29 orang atau 32 persen mahasiswa peserta program adalah perempuan. Hal ini menjadi wujud komitmen kesetaraan gender dalam pelaksanaan program Gerilya Academy Batch 6.

Dalam bimbingan teknis tersebut mahasiswa dibekali pelatihan berupa praktik elektrifikasi sistem terisolir, survei potensi energi dan beban tenaga surya, survei potensi energi dan beban tenaga air, serta pelatihan praktik sektor energi baru terbarukan.

Susetyo berharap program mampu melahirkan aktivis-aktivis energi bersih atau The Next Clean Energy Activists di kalangan generasi muda guna lebih mendorong pemanfaatan energi baru dan terbarukan (EBT).

"Melalui dukungan para pemuda ini pencapaian target bauran energi terbarukan dan percepatan rasio elektrifikasi menuju 100 persen diharapkan dapat terealisasi secara lebih maksimal," katanya lagi.
Baca juga: Kementerian ESDM jaring masukan kurikulum program Gerilya Academy
Baca juga: Kementerian ESDM: 89 mahasiswa ikuti kuliah perdana Gerilya Academy

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024