Beijing (ANTARA) - Beijing akan menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Atletik 2027, demikian diumumkan oleh badan atletik dunia, World Athletics, pada Rabu (28/2).

Keputusan tersebut diambil pada Pertemuan Dewan Dunia Atletik ke-234 yang digelar di Glasgow, Skotlandia, menjelang Kejuaraan Dunia Atletik Dalam Ruangan (World Athletics Indoor Championships) yang dijadwalkan berlangsung pada 1-3 Maret 2024.

Ibu kota China ini sebelumnya menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Atletik pada 2015.

"Selamat kepada Beijing atas terpilihnya menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Atletik pada 2027, 12 tahun setelah para atlet kami berlaga di Stadion Nasional (National Stadium) untuk penyelenggaraan ke-15 kejuaraan global kami," kata Presiden World Athletics Sebastian Coe.

China dianggap sebagai salah satu pasar olah raga terbesar di dunia, dengan populasi lebih dari 1,4 miliar jiwa.

"China merupakan negara dengan kinerja terbaik dalam mengkonsumsi siaran Wanda Diamond League pada 2023 dengan penonton kumulatif sebesar 368,9 juta. Hal ini memberikan peluang besar untuk mengembangkan olahraga dan basis penggemar kami di salah satu pasar komersial terbesar di dunia," ujarnya menambahkan.

Kejuaraan Dunia Atletik 2023 digelar di Budapest pada Agustus tahun lalu, sedangkan Tokyo akan menjadi tuan rumah ajang tersebut pada 2025.

China juga akan menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Atletik dalam ruangan 2025 di Nanjing. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Indra Arief Pribadi
Copyright © ANTARA 2024