Kemajuan Baznas saat ini karena didukung dan dibantu oleh para kepala daerah
Temanggung (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Temanggung Hary Agung Prabowo menerima penghargaan Baznas Award 2024 dari Badan Amil Zakat Nasional atas prestasinya sebagai kepala daerah pendukung pengelolaan zakat terbaik.

"Alhamdulillah kita menerima penghargaan Baznas Award, terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan peduli terhadap zakat, mudah-mudahan ke depan penerimaan zakat di Temanggung lebih baik lagi," katanya di Jakarta, Kamis.

Penghargaan diberikan langsung oleh Ketua Baznas RI KH Noor Ahmad di Hotel Bidakara Jakarta. Hary Agung menerima penghargaan tersebut, bersama 15 gubernur, 25 wali kota, dan secara keseluruhan ada 58 bupati se-Indonesia. Dari Jawa Tengah selain Pj Bupati Temanggung ada Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana yang juga menerima penghargaan serupa.

"Langkah ke depan dukungan kepada Baznas ini harus kita lakukan betul, agar supaya target kita tahun 2024-2026 lebih dari Rp9 miliar bisa tercapai," katanya.

Baca juga: Baznas raih Global Islamic Finance Award 2023
Baca juga: Gubernur Khofifah raih penghargaan Baznas Award 2023


Ketua Baznas RI KH Noor Ahmad mengatakan, terakhir Baznas mampu mengumpulkan sebanyak Rp33 triliun dari para muzaki se Indonesia dan di tahun 2024 ditarget mendapatkan Rp41 triliun.

Bantuan dari Baznas saat ini telah bergerak semakin maju, hingga menyentuh sektor pendidikan, kesehatan, bahkan kemajuan ekonomi. Dari sini sebanyak 450 ribu warga telah dientaskan dari garis kemiskinan dan ke depan akan digerakkan kampung-kampung ekonomi.

"Kemajuan Baznas saat ini karena didukung dan dibantu oleh para kepala daerah. Maka kami berikan apresiasi kepada gubernur, bupati, wali kota se Indonesia yang telah memberikan kontribusi besar kepada Baznas," katanya.

Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qaumas menuturkan jika capaian zakat saat ini sangat baik, sebab telah mendorong fasilitas kesehatan, pendidikan, ekonomi.

Kemenag sendiri melalui regulasi mendorong kemajuan Baznas semakin optimal karena melalui zakat berbagai aspek kehidupan bisa dibangun.

"Baznas Award telah menjadi bagian dari apresiasi bagi insan yang berprestasi. Mudah-mudahan Baznas Award Tahun 2024 tidak hanya menjadi sebuah rutinitas melainkan juga momen berharga yang mendapatkan apresiasi dan motivasi bagi semua yang telah memberikan kontribusi pemberian zakat, infak dan sedakah untuk masyarakat," katanya.

Baca juga: Wagub apresiasi Baznas Kaltim raih empat penghargaan Baznas Award
Baca juga: Uhamka raih penghargaan lembaga pendidikan pendukung literasi zakat
Baca juga: Rektor UIN Walisongo raih penghargaan cendekiawan pendukung zakat

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024