Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga mendorong para pimpinan tinggi perempuan agar dapat mengupayakan kebijakan dan program yang berperspektif perempuan dan anak.

"Para perempuan pimpinan tinggi di pemerintahan agar terus mengupayakan pembangunan yang inklusif. Para perempuan pimpinan tinggi telah berupaya keras memberikan jawaban atas berbagai persoalan dan tantangan yang masih dihadapi masyarakat dengan kapasitas, kemampuan, serta program di masing-masing instansi," kata Bintang Puspayoga dalam keterangan di Jakarta, Kamis.

Pihaknya pun mendorong pimpinan tinggi yang duduk di jabatan strategis pemerintahan pusat, pemerintah daerah, dan BUMN untuk berkolaborasi mewujudkan kesetaraan gender di berbagai sektor sesuai isu yang diampu oleh instansi masing-masing.

Menurut dia, ada berbagai tantangan yang dihadapi perempuan di berbagai sektor, mulai dari bidang ekonomi dan ketenagakerjaan, di mana partisipasi perempuan di sektor informal cukup tinggi, namun masih perlu adanya pengakuan terhadap pekerjaan mereka yang masih membutuhkan perlindungan.

Baca juga: Menteri Bintang minta pers wujudkan jurnalistik ramah perempuan & anak

Baca juga: Menteri PPPA: Pengasuhan berbasis masyarakat solusi pengasuhan anak PMI


Kemudian perbandingan tingkat partisipasi kerja antara perempuan dan laki-laki yang masih memiliki kesenjangan yang cukup jauh.

"Meskipun mengalami berbagai tantangan, namun kemajuan berhasil kita capai. Salah satunya adalah Indeks Pembangunan Gender yang terus mengalami tren peningkatan," kata Bintang Puspayoga.

Menurut dia, hal tersebut harus terus didorong agar kemajuan pembangunan gender bisa terus berkelanjutan.

Oleh karenanya, sinergi dan kolaborasi para perempuan pimpinan tinggi yang telah menunjukkan efektivitasnya harus terus dilanjutkan, katanya.

Baca juga: Menteri Bintang dukung keamanan berinternet bagi anak

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024