Jakarta (ANTARA) - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mendiskusikan soal pembangunan di wilayah Asia, termasuk Indonesia, dengan Presiden Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB) Jin Liqun.

Diskusi tersebut berlangsung sebelum sesi kedua Pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral G20 di Sao Paulo, Brasil.

“Meski hanya sebentar, kami sempat membahas beberapa topik diskusi penting, seperti peranan AIIB dalam membantu menciptakan pembangunan negara-negara di wilayah Asia,” kata Sri Mulyani dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Dia juga menjelaskan upaya Indonesia yang saat ini tengah mengusung Mekanisme Transisi Energi sebagai agenda prioritas nasional untuk mengatasi perubahan iklim.

Lebih lanjut, mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu juga menyoroti pentingnya peran Multilateral Development Bank (MDB) seperti AIIB dalam upaya transisi energi.

“Bukan hanya untuk Indonesia, tetapi juga dalam mewujudkan mekanisme transisi energi yang adil dan terjangkau bagi seluruh negara di dunia,” ujar dia.

Baca juga: Menkeu temui Presiden Bank Dunia guna bahas kerja sama

Diketahui, Sri Mulyani menghadiri Finance Ministers and Central Bank Governors (FMCBG) Meeting yang merupakan bagian dari perhelatan presidensi G20 2024 di Brasil.

Di sela kegiatan tersebut, Menkeu juga mengadakan pertemuan dengan sejumlah pihak lainnya, seperti Treasurer of Australia Jim Chalmers dan Presiden Bank Dunia Ajay Banga.

Dalam pertemuannya dengan Treasurer of Australia, Sri Mulyani menyampaikan kinerja positif Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan bagaimana Indonesia tetap bisa melanjutkan agenda pembangunan tanpa mengorbankan kesehatan dan kredibilitas APBN.

Sedangkan dalam pertemuan dengan Presiden Bank Dunia, Menkeu membahas beberapa topik terkait kerja sama antara Indonesia dan Bank Dunia.

Adapun sejumlah topik diskusi tersebut membahas soal transisi energi di seluruh dunia, mulai dari kredit karbon, kerja sama Energy Transition Mechanism (ETM), Just Energy Transition Partnership (JETP), hingga Climate Investment Fund - Renewable Energy Integration (CIF-REI).

Baca juga: Menkeu sampaikan kinerja positif APBN saat pertemuan dengan Australia

Pewarta: Imamatul Silfia
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2024