Zhengzhou, China, (ANTARA/PRNewswire) - Yutong Bus Co., Ltd. ("Yutong", SHA:600066), produsen bus terkemuka di dunia, berhasil menyelesaikan tes jalan (road test) berstandar ketat dalam cuaca dingin ekstrem menggunakan bus bertenaga listrik murni di Norwegia dan Kazakhstan. Kesuksesan ini menjadi pencapaian penting dalam elektrifikasi angkutan umum. Menghadapi suhu yang sangat rendah hingga -25°C di Kazakhstan, bus listrik Yutong yang memakai baterai mampu mencatatkan jarak tempuh hingga 374 km. Dengan demikian, jarak tempuh ini menjadi standar baru dalam kinerja bus listrik di tengah cuaca ekstrem.


Tes ini berlangsung dalam cuaca dingin di Astana, Kazakhstan, serta Lingkar Arktik di Norwegia. Maka, tes ini tidak hanya menguji daya tahan bus Yutong, namun juga membuktikan kinerja operasional bus listrik dalam cuaca ekstrem.

Bus model E18PRO, menjalani tes di Kazakhstan, mengawali perjalanan yang penuh tantangan pada 21 Januari 2024. Tes tersebut tidak sekadar membuktikan jarak tempuh bus ini, namun juga kemampuan bus menghadirkan suasana hangat dan nyaman bagi lebih dari 1.500 penumpang. Suhu interior bus terjaga konsisten pada rentang 18°C dan 22°C di tengah cuaca yang sangat dingin sehingga kenyamanan bus mendapat pujian dari penumpang.

Rahasia di balik kesuksesan bus E18PRO terletak pada teknologi baterai mutakhir buatan Yutong. Baterai ini memiliki sistem pemanas dengan zat cair yang menjaga suhu optimal baterai jenis lithium iron phosphate, menjamin penggunaan bus yang efisien, bahkan di tengah cuaca terdingin. Lebih lagi, bus ini terwujud berkat pengalaman luas Yutong dalam mengoperasikan 190.000 unit kendaraan niaga dengan energi baru di seluruh dunia. Hasilnya, bus ini memiliki strategi pengendalian yang dirancang khusus untuk cuaca dingin ekstrem.

Upaya Yutong mencapai keunggulan berlanjut di Norwegia. Di negara ini, bus model U12 menjalani tes ketat di Kirkenes. Mencatat konsumsi daya hingga 1,56 kw/km dalam tes sejauh lebih dari 105 km, bus U12 berjalan sempurna dalam suhu -33°C. Fokus Yutong dalam meningkatkan daya tahan bus terhadap korosi dan kerusakan, khususnya kondisi cuaca Norwegia dengan kadar garam yang tinggi dan bersalju, sangat berperan dalam kesuksesan ini.

Setelah mengoperasikan lebih dari 331 unit bus listrik dengan baterai di Norwegia, Yutong membuktikan dedikasinya dalam meningkatkan aspek keberlanjutan angkutan umum di seluruh dunia. Pendekatan inovatif Yutong, mulai dari sistem pendingin baterai yang memakai zat cair hingga fitur-fitur pintar seperti remote air conditioning scheduling dan fault diagnosis membuktikan status produsen bus ini sebagai pemimpin pasar bus listrik.

Dedikasi Yutong Bus mengusung dunia menuju sistem transportasi publik yang lebih berkelanjutan dan aman sangat tecermin dari pencapaian luar biasa dalam keunggulan kendaraan listrik yang memakai baterai.

Related stocks: Shanghai:600066

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024