Saat ini ruas Jalan Margasari Tapin-Kalumpang HSS yang mengalami kerusakan cukup parah sedang dilakukan perbaikan
Kandangan, Kalimantan Selatan (ANTARA) - Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Hulu Sungai Selatan (PUTR HSS) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menyatakan Balai Jalan Nasional mulai memperbaiki ruas jalan provinsi jalur alternatif Margasari Tapin-Kalumpang HSS.

Kepala Dinas PUTR Kabupaten HSS Teddy Soetedjo menyebutkan perbaikan jalan tersebut merupakan tindak lanjut dari hasil koordinasi dengan Balai Jalan Nasional.

"Saat ini ruas Jalan Margasari Tapin-Kalumpang HSS yang mengalami kerusakan cukup parah sedang dilakukan perbaikan," kata Teddy di Kandangan, Kamis.

Dijelaskan Teddy, perbaikan tersebut diawali dengan pemasangan paving block untuk penanganan sementara agar jalan bisa digunakan dengan nyaman sesegera mungkin.

Selanjutnya, Teddy mengungkapkan Balai Jalan Nasional akan memperbaiki penanganan ruas jalan tersebut secara permanen dan peninggian badan jalan dalam waktu dekat.

"Penanganan sementara dilakukan melalui program padat karya pemeliharaan rutin atau swakelola PPK 2.2 Provinsi Kalsel dengan jenis pekerjaan penutupan lobang dengan paving block" terangnya.

Pantauan ANTARA pada Minggu (18/2), Jalan alternatif Banjarmasin-Hulu Sungai atau "Banua Anam" Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Jalan Margasari Kabupaten Tapin-Kalumpang Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) mengalami kerusakan pada beberapa titik.

Jalan alternatif Banjarmasin-Banua Anam pada ruas Jalan Margasari-Kalumpang berlubang tersebut yang ditambal batako untuk penutup karena aspal jalan sudah terkelupas.

Namun, keadaan jalan yang ditutup batako tersebut agar tetap bisa dilintasi kendaraan di jalan alternatif yang berstatus jalan provinsi tersebut.

Akibat badan jalan rusak dan berlubang yang ditutup batako maka kondisi lalu lintas di jalan alternatif tersebut tidak lancar.

Selain itu, kendaraan yang melewati jalan tersebut tidak dapat memacu kecepatan tinggi, meski lalu lintas kendaraan cukup padat.

Baca juga: Pemprov Kalsel prioritaskan pembangunan akses jalan ke IKN Nusantara
Baca juga: Kalsel gelar RDPU percepatan mengatasi kerusakan jalan nasional


Pewarta: Taufik Ridwan/Fathurrahman
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024