Jakarta (ANTARA) - Berbagai berita humaniora yang menarik pada Kamis (29/2) masih menarik untuk dibaca hari ini, seperti inovasi kompor bertenaga limbah sawit dari Kemensos, hasil kerja sama dengan IPB.

Ada juga berita-berita lainnya, seperti data BRIN yang menunjukkan ancaman kepunahan spesies air akibat perubahan iklim, Jokowi membayangkan konser-konser besar diadakan di IKN, Wakil Presiden meninjau penyembelihan sapi di Selandia Baru, dan penutupan Bandara Internasional Minangkabau (BIM) karena abu vulkanik erupsi Gunung Marapi.

1.) Kemensos luncurkan kompor inovasi berbahan bakar limbah sawit

Kementerian Sosial (Kemensos) meluncurkan inovasi berupa kompor ramah lingkungan yang berbahan limbah sawit sebagai solusi untuk mengatasi mahalnya harga gas elpiji di Desa Seuneubok Simpang, Kecamatan Darul Aman, Kabupaten Aceh Timur.

Menurut keterangan dari Menteri Sosial Tri Rismaharini, inovasi tersebut adalah hasil kerja sama Kemensos dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) sebagai respon dari keluhan warga akan sulitnya stok serta mahalnya gas elpiji tiga kilogram di daerah itu. Sementara itu, Ketua Forum Keserasian Sosial (FKS) Desa Seuneubok Simpang Kafriyadi mengatakan kompor inovatif itu sudah diuji coba sejak September 2023, dan hasilnya sangat memuaskan.

2.) BRIN: Spesies air paling berisiko punah akibat perubahan iklim

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengungkapkan, fenomena perubahan iklim membuat spesies air berisiko terancam punah akibat perubahan suhu, lingkungan, dan habitat.

Peneliti Ahli Utama dari Pusat Riset Biosistematika dan Evolusi BRIN Amir Hamidy mengatakan, berbagai spesies yang hidup di air menjadi makhluk hidup pertama yang merasakan dampak perubahan iklim tersebut. Menurutnya, hal itu disebabkan oleh perubahan siklus air yang berdampak pada perilaku reproduksi spesies.

Sebagai contoh, ujarnya, distribusi Katak Merah yang ditemukan di Gunung Gede Pangrango, Jawa Barat telah mengalami penurunan dan menjauhi ketinggian yang biasanya mereka tempati, akibat perubahan suhu di kawasan pegunungan itu.

3.) Jokowi bayangkan konser-konser besar kelak bisa diadakan di IKN

Presiden Joko Widodo (Jokowi) membayangkan Ibu Kota Nusantara (IKN) tidak hanya menjadi kota pemerintahan melainkan juga tempat diselenggarakannya konser-konser besar kelak.

Dalam sambutannya saat meresmikan peletakan batu pertama pembangunan gedung Kantor Bank Negara Indonesia (BNI) di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kamis, dia berharap seiring pemenuhan fasilitas di ibu kota baru itu, berbagai konser akbar dapat diselenggarakan di sana. Dia juga berharap kawasan itu juga dapat menjadi pusat ecotourism.

4.) Wapres tinjau penyembelihan sapi bersertifikasi halal di Selandia Baru

Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin meninjau proses penyembelihan hewan sapi bersertifikasi halal di perusahaan ekspor daging, Taylor Preston, Selandia Baru, Kamis.

Peninjauan itu dalam rangka memastikan produk daging yang diekspor ke Indonesia telah memenuhi standar penilaian sertifikasi halal secara global dan nasional. Adapun kriteria-kriteria halal yang ditinjau meliputi ertifikat pengakuan halal dari beberapa lembaga halal di Selandia Baru yang memperoleh dukungan Badan Pengelola Jaminan Produk Halal (BPJPH) di bawah naungan Kementerian Agama (Kemenag) RI.

5.) Otoritas bandara kembali tutup operasional BIM akibat erupsi Marapi

Kantor Otoritas Bandara Wilayah VI kembali menutup operasional Bandara Internasional Minangkabau (BIM) yang terletak di Kabupaten Padang Pariaman akibat terdampak sebaran abu vulkanik erupsi Gunung Marapi.

Kepala Kantor Otoritas Bandara Wilayah VI Kapten Megi H. Helmiadi di Padang, Kamis, mengatakan, kebijakan penutupan bandara tersebut akibat sebaran abu vulkanik Gunung Marapi yang berada di Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar telah mencapai BIM. Akibat penutupan bandara tersebut tujuh penerbangan, yaitu empat kedatangan dan tiga jadwal keberangkatan,dari dan ke BIM menjadi tertunda.

Pewarta: Mecca Yumna Ning Prisie
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024