Semarang (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi 4 Semarang menyelenggarakan promo kopi gratis dan pembelian tiket kereta api (KA) pada masa angkutan Lebaran dengan diskon 20 persen di  Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng.

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang Franoto Wibowo, di Semarang, Jumat, menyampaikan promo tersebut tercakup dalam program Ngopi Bareng KAI 2024 yang digelar selama dua hari, yakni 1-2 Maret 2024.

Dalam kegiatan itu, kata dia, KAI membagikan kopi secara gratis kepada para pelanggan KA, dengan syarat cukup menunjukkan aplikasi Access by KAI yang telah terunduh pada ponselnya atau pelanggan bisa memperlihatkan tiket yang masih aktif kepada petugas di area kegiatan.

"Selama 2 hari tersebut KAI akan membagikan sebanyak 2.750 cup kopi nusantara secara gratis yang diracik langsung oleh barista- barista handal asli Indonesia," katanya.

Baca juga: Penumpang Commuter Line Basoetta bisa naik-turun di Stasiun Rawa Buaya

Program Ngopi Bareng KAI 2024 akan dilaksanakan mulai pukul 11.00 sampai dengan pukul 17.00 WIB, bertempat di selasar luar sebelah barat Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng.

"KAI berharap melalui kegiatan ini, dapat meningkatkan pelayanan kepada para pelanggan KA, sekaligus menyosialisasikan budaya ngopi di kalangan masyarakat Indonesia. Sehingga dengan peningkatan konsumsi kopi tersebut, bisa meningkatkan kesejahteraan petani kopi Indonesia," katanya.

Selain ngopi bareng, KAI juga membuka gerai selama kegiatan berlangsung bagi masyarakat yang dapat membeli langsung tiket KA untuk keberangkatan mulai 1 Maret 2024 hingga 45 hari ke depan, yakni sampai dengan 15 April 2024 dengan diskon sebanyak 20 persen.

"Melalui program promo tersebut, KAI berharap dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya bagi pelanggan KA khususnya pada momen mudik lebaran 2024. Karena dalam promo ini, masyarakat dapat membeli tiket untuk arus mudik maupun arus balik lebaran 2024," katanya.

Baca juga: Seorang bocah tewas setelah KA tabrak sepeda motor di Semarang

Franoto menyampaikan bahwa tiket kereta api untuk arus mudik dan balik Lebaran masih banyak tersedia karena sampai saat ini okupansi atau tingkat keterisian tempat duduk untuk momentum angkutan Lebaran 2024 masih terisi sekitar 14 persen.

Ketersediaan tiket itu untuk keberangkatan dari Daop 4 Semarang, baik arus mudik maupun arus balik lebaran mulai tanggal 31 Maret 2024 (H-10 Lebaran) sampai dengan 15 April 2024 (H+4 Lebaran).

"Okupansi keterisian tempat duduk masih berkisar 14 persen dibanding jumlah tempat duduk yang disediakan sejumlah 17 ribu lebih tempat duduk per harinya," katanya.

Pada momentum angkutan Lebaran 2024, ia memprediksi kedatangan penumpang tertinggi pada arus mudik akan terjadi pada Senin 8 April 2024 atau H-2 Lebaran, dengan lebih dari 20 ribu penumpang KA dari berbagai daerah akan tiba di stasiun wilayah Daop 4 Semarang.

Sedangkan keberangkatan penumpang tertinggi pada arus balik Lebaran diprediksi terjadi pada pada Minggu 14 April 2024 (H+3 lebaran) dengan lebih dari 20 ribu penumpang yang naik menggunakan KA dari wilayah Daop 4 Semarang.

"Untuk pembelian (tiket, red.) H+4 Lebaran atau Senin 15 April 2024 dapat dilakukan pemesanan pada Jumat 1 Maret 2024 melalui aplikasi Access by KAI, website kai.id, serta seluruh channel resmi pemesanan tiket KA lainnya," katanya.

Selain itu, ia juga mengingatkan kepada masyarakat agar teliti dalam menginput tanggal, memilih rute, dan memasukkan data diri pada saat melakukan pemesanan tiket KA.

"Rencanakan perjalanan sebaik mungkin termasuk estimasi waktu perjalanan menuju ke stasiun agar tidak tertinggal keretanya," pungkasnya.

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2024