London (ANTARA News) - Manchester City bangkit dari kekalahan Liga Champions lalu setelah mengakhiri rekor tak terkalahkan Everton awal musim Liga Premier ini dengan 3-1 di Etihad Stadium malam ini.

Dikalahkan Aston Villa 2-3 akhir pekan lalu dan dipecundangi Bayern Munchen pertengahan pekan ini, City sempat tertinggal oleh gol Romelu Lukaku namun kemudian bangkit membalikkan keadaan lewat dua gol Alvaro Negredo dan Sergio Aguero, serta satu gol bunuh diri Tim Howard.

Tim asuhan Manuel Pellegrini ini naik ke peringkat dua klasemen, terpaut dua poin dari pemuncak klasemen Arsenal, sedangkan Everton yang diasuh Roberto Martinez tetap menempati peringkat kelima.

"Segera menyamakan kedudukan adalah penting, tapi yang lebih penting adalah karakter tim kala melawan Everton yang adalah satu-satunya tim yang belum terkalahkan di liga," kata Pellegrini.

"Setelah kekalahan (dari Bayern) Rabu lalu, adalah penting bagi saya melihat bagaimana para pemain bereaksi setelah kalah."

Everton unggul lebih dulu pada menit 16 lewat striker Lukaku yang dipinjam dari Chelsea. Dia sukses melepaskan diri dari jebakan offside untuk mengolah umpan Phil Jagielka dan akhirnya memperdaya Joe Hart lewat tendangan pelan ke bawah.

Dua menit kemudian City menyamakan kedudukan lewat Negredo yang melewati Howard setelah memanfaatkan umpan matang Yaya Toure.

Beberapa menit kemudian David Silva kemudian melepaskan umpan kepada Aguero yang mengonversinya menjadi gol kedua City lewat tendangan menyusur ke sudut kiri bawah gawang Everton.

Pelanggaran oleh Seamus Coleman terhadap Pablo Zabaleta memberi Aguero peluang menciptakan gol keduanya pada menit 69, namun kendati Howard berhasil memblok tendangan Aguero, bola malah kembali membentur kiper asal Amerika itu sebagai gol bunuh diri, demikian AFP.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013