Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta, memiliki "Desa Image Pelindo" di Pulau Pramuka sebagai upaya mendorong pertumbuhan pariwisata di wilayah tersebut.

Bupati Kepulauan Seribu, Junaedi di Jakarta, Jumat mengatakan saat ini sudah ada kios yang dibangun di Pantai Sunrise, Pulau Pramuka.

Menurut dia, kehadiran kios ini untuk menambah peningkatan ekonomi masyarakat dan perekonomian di sektor pariwisata. "Ke depan tiga kios ini bisa ditambah menjadi 15 kios," kata dia.

Dia berterima kasih kepada PT Pelindo yang telah membangun "Desa Image Pelindo" yang diresmikan pada Jumat ini.

"Alhamdulillah sekarang sudah terbangun 'Desa Image', meski sekarang baru tiga kios, tapi kalau ditambah lima kios lagi cukup ini tanahnya," kata dia.

Apalagi Perda 11 tentang Tata Ruang Pulau Seribu sudah dicabut sehingga area Pantai Sunrise dan sekitarnya bisa diusulkan supaya dapat dilakukan pengecoran jalan.

Baca juga: Pulau Seribu promosi wisata di HBKB Sudirman-Thamrin
Baca juga: Pemkab gelar Budaya Desa Wisata Pulau Untung Jawa untuk promosi budaya


Dia  meresmikan "Desa Image Pelindo" di  Pulau Pramuka di Pantai Sunrise, Kelurahan Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Jumat yang ditandai dengan pengguntingan pita.

Direktur PT Pelindo, Ali Mulyono menjelaskan, "Desa Image Pelindo" merupakan "Indonesian Maritime Gateway" atau Gerbang Maritim Indonesia yang menjadi "tagline" Pelindo Merger.

"Ini adalah desa binaan ketiga kami, tahun sebelumnya kami telah meresmikan 'Desa Image' di Desa Bunaken, Manado dan Desa Budo, Minahasa," kata dia.

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu mencatat 404.845 wisatawan mengunjungi Kepulauan Seribu sepanjang 2023. Jumlah itu terdiri dari 388.962 wisatawan nusantara dan 15.883 wisatawan mancanegara.

Pada 2022 jumlah wisatawan yang datang ke kabupaten tersebut mencapai 316.740 orang. Pengunjung itu terdiri dari 309.432 wisatawan nusantara dan 7.308 wisatawan mancanegara.

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024