Kami ada sedikit penambahan layanan dibandingkan tahun 2023 yaitu untuk lintas selatan pada tahun yang lalu itu hanya berangkat dari Stasiun Kiaracondong sampai dengan ke Purwosari. Namun tahun ini kami perpanjang lintasan layanannya
Jakarta (ANTARA) - Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan akan memperluas jalur atau jangkauan lintas layanan kereta api saat mudik motor gratis pada Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah.

“Kami ada sedikit penambahan layanan dibandingkan tahun 2023 yaitu untuk lintas selatan pada tahun yang lalu itu hanya berangkat dari Stasiun Kiaracondong sampai dengan ke Purwosari. Namun tahun ini kami perpanjang lintasan layanannya,” kata Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Kemenhub Arif Anwar di Jakarta, Jumat.

Arif menyampaikan bahwa fasilitas layanan bertajuk Motis atau “Motor Gratis” pada tahun ini akan melayani tiga lintas pelayanan. Penambahan lintas layanan dilakukan di lintas selatan.

Dia merinci tiga lintas layanan pengangkutan motor gratis bersama orangnya pada saat mudik dan arus balik Lebaran yakni pertama Lintas Utara mulai dari stasiun Cilegon-Jakarta Gudang-Cirebon Prujakan-Tegal-Pekalongan- Semarang Tawang.

Di lintas ini, Kemenhub akan melakukan pengangkutan orang dan kendaraan motor gratis sekali sehari dalam sehari dengan kuota 530 penumpang dan 232 unit motor per harinya.

Kedua yakni lintas tengah mulai dari Stasiun Jakarta Gudang - Cirebon Prujakan - Purwokerto - Kroya - Kutoarjo. Di lintas ini pengangkutan dilakukan dua kali dalam sehari dengan kapasitas penumpang 1.060 orang dan 464 unit motor per harinya.

Ketiga lintas Selatan mulai dari Stasiun Jakarta Gudang - Kiaracondong - Kroya - Gombong - Kebumen - Lempuyangan - Purwosari - Madiun. Di lintas ini kereta api hanya melayani sekali pengangkutan dengan kapasitas 424 penumpang dan 174 unit motor per hari.

“Di lintas selatan ini yang diperluas, awalnya hanya dari Stasiun Kiaracondong ke Purwosari, sekarang mulai dari Jakarta Gudang hingga ke Stasiun Madiun,” jelas Arif.

Kemenhub menyiapkan kuota pengangkutan sebanyak 12.180 unit motor secara gratis bagi yang ingin mudik Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah.

Pendaftaran akan mulai dibuka sejak Senin 4 Maret 2024 melalui mudikgratis.dephub.go.id dengan persyaratan pertama adalah KTP, SIM yang masih berlaku, Kartu Keluarga serta STNK yang juga masih berlaku atau tidak mati pajak, serta besaran motor kurang dari 200 cc.

Selain itu, masyarakat juga bisa melakukan pendaftaran secara langsung ke stasiun dari tiga lintasan tersebut dengan membawa kendaraan beserta persyaratan yang telah ditetapkan tersebut.

Semua berkas seperti KTP dan lainnya wajib membawa yang asli dan foto kopian, karena yang asli hanya akan diperlihatkan pada saat verifikasi.

Kemenhub memberikan layanan mudik motor gratis pada Lebaran 1445 Hijriah, namun bagi penumpang akan dikenakan tarif mulai Rp10.000 jika perjalanannya di bawah 290 kilometer dan Rp20.000 jika melebihi jarak tersebut.

Kemenhub akan mulai melakukan pengangkutan kendaraan mudik motor gratis mulai tanggal 2-8 April, sedangkan untuk pengangkutan arus balik dilakukan pada 13-19 April 2024.

Baca juga: DJKA siapkan kuota 12.180 motor gratis mudik Lebaran mulai 4 Maret
Baca juga: Legislator dukung Pemprov DKI fasilitasi mudik gratis demi bantu warga
Baca juga: Kemenhub selenggarakan program mudik gratis Lebaran 2024

 

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024