Jakarta (ANTARA) - Pembalap Red Bull Max Verstappen kembali menunjukkan dominasinya sebagai salah satu yang terkuat pada balapan pembuka musim Formula 1 2024 setelah merebut pole pada sesi kualifikasi Grand Prix Bahrain, Sabtu WIB.

Ini merupakan posisi pole ke-33 sepanjang karier balap Verstappen di Formula 1, sekaligus pole ketiga yang ia koleksi di Sirkuit Internasional Bahrain di Sakhir.

“Ini adalah balapan kualifikasi yang sangat menyenangkan. Saya senang bisa merebut pole, dan sejujurnya, hasil ini cukup mengejutkan buat saya,” kata Verstappen, dikutip dari AFP.

Adapun sang juara bertahan berada di depan dua pembalap kuat lainnya, yakni Charles Leclerc (Ferrari) dan George Russell (Mercedes) yang masing-masing hanya terpaut 0,228 detik dan 0,306 detik saja.

Baca juga: Verstappen tak khawatir dengan performa Red Bull jelang kualifikasi

“Saya merasa percaya diri kami telah mengambil langkah maju, walaupun memang kami pikir Red Bull masih berada di sana sebagai tim terdepan,” kata Leclerc.

Pembalap Ferrari lainnya, Carlos Sainz, finis di urutan keempat dengan selisih waktu 0,1 detik saja dari rekan satu timnya. Sementara, posisi lima besar dilengkapi oleh Sergio Perez (Red Bull) yang terpaut 0,358 detik dari Verstappen.

Lebih lanjut, ada pembalap veteran Fernando Alonso (Aston Martin), Lando Norris (McLaren), Oscar Piastri (McLaren), Lewis Hamilton (Mercedes), dan Nico Hulkenberg (Haas) yang mengisi daftar 10 besar pembalap tercepat pada kualifikasi Grand Prix Bahrain.

Setelah ini, sebanyak 20 pembalap dari 10 tim balap top dunia akan melanjutkan pertarungan mereka di trek melalui balapan utama Grand Prix Bahrain yang dimulai pada pukul 22.00 WIB.

Baca juga: Hamilton terkejut dengan performa Mercedes W15 jelang GP Bahrain

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024