Untuk menggenapi 100, berharap kekurangannya akan kita cari saat pemain di beberapa daerah datang ke Surabaya untuk ikut scouting
Jakarta (ANTARA) - PP Persatuan Bola Basket Indonesia (Perbasi) akan menggenapkan menjaring 100 pebasket muda berbakat untuk diseleksi menjadi 15 pemain dan mengikuti program Indonesia Patriots yang akan menjalani pelatihan di Lithuania.

Saat ini, Perbasi sudah mendapatkan 84 nama pebasket muda potensial hasil dari pencarian bakat di 11 daerah seluruh Indonesia. Federasi bola basket Indonesia itu akan mengakhiri penjaringan bakat pebasket muda akhir pekan ini di Surabaya.

"Untuk menggenapi 100, berharap kekurangannya akan kita cari saat pemain di beberapa daerah datang ke Surabaya untuk ikut scouting pada 2 Maret 2024. Scouting dilakukan di GOR Unesa," kata Ketua Umum PP Perbasi Danny Kosasih dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu.

Baca juga: Upaya mencari bakat basket muda bertinggi tubuh minimal 180 cm

Program pencarian bakat tahap akhir di Surabaya ini diperuntukkan khusus bagi pebasket muda yang belum pernah ikut di 11 daerah sebelumnya. Sejak 15 Februari 2024, PP Perbasi telah mengunjungi Jakarta, Bandung, Cirebon, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Palembang, Manado, Makassar, dan Tangerang sampai akhir Februari.

Dari keliling ke-11 daerah itu, PP Perbasi mendapatkan 84 nama pemain yang memiliki tinggi minimal 180 centimeter. Dalam daftar 86 orang itu, DKI Jakarta meloloskan pemain terbanyak dengan 17 nama.

Kemudian Jawa Barat dengan mengirim 15 nama. Lalu Jawa Timur dengan sembilan nama dan Jawa Tengah dengan delapan pemain. Bali diwakili oleh tujuh pemain, dan dari Banten juga Sulawesi Selatan masing-masing mengirim lima pemain, dan beberapa pemain dari perwakilan daerah lainnya.

"Kami menargetkan ada pemain muda usia 13-18 tahun dengan tinggi minimal 180 centimeter sebanyak 100 pemain dari scouting yang kita jalankan," kata Danny.

Dari 100 pemain hasil pencarian bakat tersebut nantinya akan diserahkan kepada pelatih asal Lithuania untuk diseleksi. Mereka akan seleksi untuk dapatkan 15 nama sejak 3 hingga 6 Maret 2024 di GOR CLS Dharmahusada.

Baca juga: Skuad muda timnas Basket dipersiapkan untuk SEA Games 2025

"Pemain yang terpilih akan mendapatkan kesempatan berlatih di Lithuania lebih kurang enam bulan. Karena pemain usia ini masih sekolah, PP Perbasijuga telah siapkan formula bagaimana mereka bisa tenang mengejar mimpi jadi pemain basket tapi sekolah tetap terjaga," jelasnya.

Danny menegaskan bahwa bagi 100 pemain yang mengikuti seleksi bersama Pelatih Lithuania akan mendapatkan fasilitas berupa akomodasi. Kemudian bagi pemain yang terpilih dalam daftar 15 nama ke Lithuania akan ditanggung biayanya sepenuhnya oleh PP Perbasi.

"Perbasi menanggung semua kebutuhan pemain selama berlatih di Lithuania. Ini sudah menjadi komitmen kami dalam mencetak pemain berkualitas ke depannya," kata Danny.

Namun Danny menegaskan bahwa seleksi Indonesia Patriots ini bukan untuk membentuk timnas basket dalam waktu dekat. Namun untuk mencari pemain potensial yang ke depan bisa diharapkan menjadi tumpuan Timnas Indonesia.

Baca juga: Ali "Jordan" Budimansyah dukung program Indonesia Patriots
Baca juga: 2023, tahunnya bola basket Indonesia

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024