Jakarta (ANTARA) - Satuan Lalu Lintas Polres Metro Jakarta Utara mengedukasi pengendara sepeda motor yang melintas di Jalan Yos Sudarso untuk meningkatkan kesadaran mengenai aturan dalam berlalulintas.  

“Kita turun ke jalan dengan menjalankan kegiatan mandiri kewilayahan guna mengingatkan pengendara betapa pentingnya mematuhi aturan lalu lintas di jalan raya,” kata Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Polres Metro Jakarta Utara Kompol Edy Purwanto di Jakarta, Senin.

Ia mengatakan, operasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap aturan lalu lintas.

Menurut dia, adanya kesadaran dan kepatuhan akan berdampak mengurangi angka kecelakaan serta pelanggaran. "Hal ini bertujuan untuk keselamatan kita bersama,” kata dia.

Kasat Lantas Polda Metro Jakarta Utara bersama personel turun ke jalan membagikan brosur sekaligus memberikan penyuluhan kepada pengendara yang menunggu di bawah lampu lalu lintas.

“Ada sekitar 100 brosur yang kami bagikan kepada pengendara sepeda motor dan mobil yang melintas,” kata dia.

Baca juga: Dua orang tewas akibat kecelakaan lalu lintas di Plumpang Semper
Baca juga: Polisi selidiki remaja tewas diduga saat hadang truk di Koja


Selain itu, pihaknya membagikan 25 helm gratis kepada pengendara motor yang kedapatan tidak mengenakan helm saat berkendara. “Kami harap hal ini dapat menyadarkan mereka untuk mentaati peraturan lalu lintas,” katanya.

Mantan Pelaksana Harian (Plh) Kepala Subdirektorat Penegakan Hukum (Kasubdit Gakkum) Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya itu juga mengimbau kepada warga agar tetap mematuhi peraturan lalu lintas demi Jakarta Utara yang lebih tertib dan lancar.

“Kami mengimbau kepada pengguna jalan untuk tetap mematuhi tata tertib berlalulintas
sehingga terciptanya kamseltibcar,” kata dia.

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) Jakarta mencatat sepanjang 2021 ada 830 korban kecelakaan sepanjang tahun tersebut. Korban tersebut paling banyak terjadi pada sepeda motor sebanyak 573 korban.

Kemudian 146 korban kecelakaan truk, 22 orang korban kecelakaan mobil bak terbuka (pick up), 82 kecelakaan minibus dan lainnya.



 

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024