Gorontalo (ANTARA) - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Gorontalo Utara Provinsi Gorontalo mengembangkan Kecamatan Ponelo Kepulauan menjadi destinasi wisata di Wilayah pesisir tersebut.

"Peningkatan ekonomi masyarakat Wilayah pesisir salah satunya melalui pemberdayaan kawasan yang berpotensi untuk menjadi destinasi wisata. Hal itu melatarbelakangi kami untuk mengembangkan Kecamatan Ponelo Kepulauan menjadi kawasan pariwisata unggulan," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Gorontalo Utara Robin Daud di Gorontalo, Senin.

Langkah awal kata Robin, pihaknya bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo mengembangkan Desa Ponelo menjadi desa wisata unggulan ditunjang dengan kekayaan sumber daya alam yang dimiliki.

Kecamatan Ponelo Kepulauan memiliki daya tarik khas sebab terdapat pantai pasir putih yang indah seperti yang ada di Desa Malambe, beragam karya seni budaya, kuliner bercita rasa khas ditunjang sumber daya perikanan tangkap dan budidaya dan beragam produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang dihasilkan dari bahan baku di pulau ini.

"Kami mengembangkannya dimulai dari Desa Ponelo dalam kemasan ekonomi kreatif masyarakatnya," kata Robin.

Pulau Ponelo pun ditargetkan sebagai pusat layanan pariwisata bahari.

Saat pengunjung ingin menikmati keindahan pulau di sekitar Kecamatan Ponelo Kepulauan, akan diarahkan terlebih dulu ke Pulau Ponelo sebagai tempat memulai kunjungan.

"Pengunjung akan memulai perjalanan dari Desa Ponelo sebelum berkunjung ke pulau-pulau di sekitarnya mengingat  Ponelo menjadi pusat layanan pariwisata bahari. Pengunjung akan mendaftarkan diri terlebih dulu di Desa Ponelo untuk membeli paket wisata mulai dari transportasi, penginapan, kuliner, produk kerajinan tangan. Kita namakan jelajah pulau," kata Robin.

Konsep tersebut sangat diyakini mampu menarik minat kunjungan ke Pulau Ponelo sehingga dengan sendirinya seluruh produk usaha masyarakat dapat ikut mudah tumbuh dan berkembang.

Juru mudi taksi laut akan dengan mudah mendapatkan penumpang memanfaatkan perahu milik warga, masyarakat dapat menikmati kebahagiaan karena produk UMKM maupun usaha kuliner potensial laris manis.

Disamping itu kata Robin, masyarakat didorong menciptakan situasi lingkungan di Pulau Ponelo menjadi indah, bersih, sehat, menarik, nyaman dan bersahaja.

Di sisi lain, dengan konsep ini maka pengembangan pariwisata wilayah kepulauan dan pesisir yang dirintis melalui pembangunan Desa Ponelo menjadi desa wisata unggulan, pasti memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Selain itu, dapat berhasil mewujudkan konsep 'green tourism' yang menciptakan dan menyadarkan masyarakat untuk sadar wisata, sadar kebersihan, sadar kesehatan, sadar lingkungan sehat, sehingga secara berkolaborasi dan berintegrasi untuk terus menerus menjadikan Desa Ponelo sebagai destinasi wisata paling diminati.


Baca juga: Destinasi wisata wahana air jadi tujuan favorit warga Gorontalo

Baca juga: Gorontalo Utara tawarkan wisata kemah di atas laut

Pewarta: Susanti Sako
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2024