Capaian distribusi KUR Rp15,33 triliun itu diberikan kepada 298.896 debitur.
Makassar (ANTARA) - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menargetkan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Sulawesi Selatan (Sulsel) mencapai Rp15 triliun pada semester pertama 2024.

"Hal itu setelah disetujuinya penambahan plafon KUR untuk Provinsi Sulawesi Selatan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Penjabat Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin langsung melakukan pertemuan dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan pimpinan perbankan," kata Deputi Direktur Layanan Manajemen Strategis dan Koordinasi Regional Kantor OJK Provinsi Sulselbar Bondan Kusuma, di Makassar, Senin.

Dia mengatakan pula, untuk semester pertama tahun ini ditargetkan penyaluran KUR di Sulsel mencapai Rp15 triliun.

Hal itu sejalan dengan tujuan OJK mendukung penuh program budi daya hortikultura Pemprov Sulsel melalui penyaluran KUR.

Menurut dia, pada 2023 KUR di Provinsi Sulsel sudah memenuhi target yakni Rp15,33 triliun, dan akan meningkat menjadi dua kali lipat pada 2024.

Bondan mengatakan, capaian distribusi KUR Rp15,33 triliun itu diberikan kepada 298.896 debitur.

"Tahun lalu kami Rp15,33 triliun khusus untuk penyaluran KUR. Kemudian tahun ini kami naik dua kali lipat menjadi Rp30 triliun lebih. Insya Allah pencapaian KUR yang kita harapkan bisa dicapai tahun ini,” kata Bondan.

Dengan demikian, ujar dia lagi, penyaluran KUR untuk semester pertama ditargetkan mencapai Rp15 triliun, dan untuk semester kedua harus tercapai target Rp15 triliun lagi.

Bondan menambahkan, pihaknya memberikan jaminan keamanan terhadap penyaluran KUR, sehingga dukungan penuh juga akan diberikan pihak perbankan.

Penjabat Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin mengatakan, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto sudah menyetujui penambahan KUR khusus Sulsel.

“Alhamdulillah, permintaan kami untuk penambahan KUR langsung disetujui pemerintah pusat, Bapak Menko Airlangga. Minimal ditambah Rp15 triliun lagi,” ujarnya pula.
Baca juga: Realisasi KUR Sulsel 2023 tertinggi di luar Jawa 
Baca juga: 209.462 debitur di Sulsel berhasil akses dana KUR awal 2024

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024