Jakarta (ANTARA) - Cordlife Persada bersama dengan Persatuan Orang Tua dengan Anak Down Syndrome (POTADS) menggelar Down Syndrome Got Talent yang merupakan rangkaian acara Trisomy Awareness Bash 2024 dalam rangka memperingati Hari Down Syndrome Sedunia.

"Tahun ini adalah tahun ke delapan penyelenggaraan Trisomy Awareness Bash 2024 dalam rangka peringatan Hari Down Syndrome Sedunia," kata National Sales and Key Account Manager PT Cordlife Persada Andy Risdianto, dalam keterangan, di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Hari Down Syndrome Sedunia jadi momentum ciptakan dunia yang inklusif

Menurut dia, pihaknya selama delapan tahun ini bersama dengan POTADS terus mengedukasi masyarakat mengenai kondisi anak-anak down syndrome.

"Kami percaya bahwa anak-anak yang terlahir dengan down syndrome berhak dan mampu untuk memiliki kehidupan yang layak seperti anak-anak normal lainnya," ujar dia.

Andy mengatakan ajang Down Syndrome Got Talent yang merupakan salah satu rangkaian kegiatan perlombaan dari Trisomy Awareness Bash 2024 diharapkan dapat menjadi wadah bagi anak-anak down syndrome untuk terus mengasah talentanya sehingga dapat berguna dan lebih diterima di tengah masyarakat.

Baca juga: Pemerintah diharapkan memaksimalkan pemenuhan hak anak "down syndrome"

Berbeda dari kegiatan tahun sebelumnya, Down Syndrome Got Talent kali ini mengusung tema perlombaan Coloring and Painting, di mana penyelenggara memberikan wadah dan sarana untuk mengasah talenta anak-anak down syndrome di bidang seni mewarnai dan melukis.

Manfaat dari kegiatan ini, menurut Andy, selain bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri anak, juga akan meningkatkan keterikatan antara orang tua dan anak.

"Dalam perlombaan ini, menang kalah pasti ada. Namun dengan hadirnya adik-adik di sini, bagi kami semuanya layak untuk disebut sebagai juara. Mereka memiliki semangat juang yang tinggi, dan kami ingin mengajak untuk melihat anak down syndrome secara setara dengan masyarakat lainnya," kata Andy.

Baca juga: Keluarga membantu anak "down syndrome" tumbuh kembang secara optimal

Selanjutnya, selain mengumumkan pemenang lomba, pada puncak acara kegiatan Trisomy Awareness Bash 2024, seluruh hasil karya seni mewarnai dan melukis dari para peserta yang mengikuti Down Syndrome Got Talent ini akan dipamerkan secara terbuka untuk publik di Rumah Sakit Mandaya Royal Hospital Puri, yang juga menjadi salah satu pihak pendukung terselenggaranya kegiatan tersebut.

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024