PTBA terus bertransformasi untuk menjadi perusahaan energi kelas dunia yang peduli lingkungan.
Palembang (ANTARA) - Direktur Utama (Dirut) PT Bukit Asam (PTBA) Arsal Ismail menyebutkan pihaknya terus bertransformasi untuk menjadi perusahaan energi kelas dunia pada masa depan.

Hal itu dikatakan Arsal saat memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-43 PTBA pada 2 Maret 2024. Mengusung tema "Pioneering The Future", puncak acara HUT ke-43 PTBA digelar di Tanjung Enim, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan (Sumsel), Sabtu (2/3) lalu.

"PTBA terus bertransformasi untuk menjadi perusahaan energi kelas dunia yang peduli lingkungan. Menjadi pionir untuk masa depan berarti PTBA harus agile dalam mencapai target-target baru, mengeksplorasi peluang, dan memimpin perubahan agar dapat menghadirkan energi tanpa henti untuk negeri," kata Arsal dalam keterangan tertulis yang diterima di Palembang, Selasa.

Ia menjelaskan berbagai langkah dilakukan PTBA untuk merintis masa depan, seperti bekerja sama dengan berbagai pihak dijalin untuk mendorong peningkatan nilai tambah batu bara serta pengembangan teknologi di bidang energi baru dan terbarukan (EBT), di antaranya melalui kolaborasi dengan Badan Riset & Inovasi Nasional (BRIN) dan berbagai perguruan tinggi.

Dari kolaborasi serta penelitian dan pengembangan tersebut, diharapkan tercipta inovasi yang mempertimbangkan skala keekonomian, sehingga hilirisasi batu bara serta pengembangan EBT bisa dijalankan.

"Tentu keberadaan dan pencapaian PTBA sampai saat ini tak lepas dari dukungan berbagai pihak. Saya memohon dengan kerendahan hati, dukungan dari seluruh pemangku kepentingan agar cita-cita kami ke depan bukan hanya memberi manfaat bagi PTBA, namun juga para pemangku kepentingan, terutama bangsa dan negara," ujarnya pula.

Ia mengatakan sebagai anggota Grup MIND ID, PTBA memiliki Noble Purpose (Tujuan Mulia) meminta dukungan dari semua pihak, agar PTBA di usia yang semakin matang ini dapat senantiasa berkontribusi pada ketahanan energi nasional, pembangunan ekonomi, dan kesejahteraan masyarakat.

"Saya yakin dengan dukungan dari para pemangku kepentingan, dan berangkat dari Noble Purposes MIND ID bahwa eksistensi PTBA menambang adalah untuk membangun peradaban dan masa depan yang lebih baik, tentunya akan memudahkan tercapainya visi dan cita-cita PTBA ke depan," kata Arsal.

Dalam rangka HUT ke-43, PTBA menggelar berbagai kegiatan sosial, di antaranya khitanan massal untuk anak-anak di sekitar wilayah operasi perusahaan, penyaluran bantuan kursi roda adaptif untuk para penyandang cerebral palsy, operasi katarak gratis, bedah rumah untuk menciptakan hunian yang layak, dan sebagainya.

HUT ke-43 PTBA juga dimeriahkan dengan Lomba Mewarnai Tingkat PAUD-TK, Lomba Speech Tingkat SD-SMP-SMA, Lomba Cepat Tepat SD-SMP-SMA, dan Festival Rakyat untuk masyarakat umum.
Baca juga: PTBA raih penghargaan IGA atas pengembangan EBT& keanekaragaman hayati
Baca juga: PTBA lakukan sejumlah inovasi dan pengembangan bisnis ramah lingkungan

Pewarta: Ahmad Rafli Baiduri
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024