Pada 2023, investasi masuk di Ponorogo tercatat mencapai Rp1,95 triliun
Ponorogo, Jatim (ANTARA) - Pemkab Ponorogo, Jawa Timur, menargetkan investasi masuk ke daerahnya pada 2024 kembali menggeliat hingga menembus Rp2 triliun setelah dua tahun terakhir mengalami penurunan.

"Harapan tentu meningkat. Kita harus optimistis," kata Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Ponorogo Heru Budi Santoso di Ponorogo, Jateng, Selasa.

Ia mengatakan investasi di atas Rp2 triliun itu hampir setara APBD Ponorogo.

Pada 2023, investasi masuk di Ponorogo tercatat mencapai Rp1,95 triliun atau lebih rendah dibandingkan 2022 yang mencatatkan rekor Rp2,1 triliun.

"Banyak sekali yang masuk saat 2023 itu. Dari berbagai sektor mulai perdagangan, perumahan, pertanian dan mebel, tapi kita turun dibandingkan 2022. Semoga tahun ini naik," katanya.

Heru juga mengatakan sejumlah faktor yang memengaruhi turunnya investasi masuk tersebut antara lain imbas kebijakan Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko yang menghentikan pembangunan minimarket waralaba nasional seperti Indomaret dan Alfamart.

"Sejak 2023 sudah distop, karena 2022 banyak yang masuk. Kecuali waralaba itu sudah mati, kemudian buka kembali dengan perusahaan berbeda itu diperbolehkan," katanya.

Namun demikian, penghentian izin waralaba tersebut berdampak positif bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan minimarket lokal yang juga bermunculan.

"Contohnya, minimarket milik badan usaha Muhammadiyah atau NU itu juga mulai banyak," katanya.

Heru menambahkan pada 2023, dua investor asing dari Jerman dan Singapura ikut menanamkan modalnya di Ponorogo.

Dua investor asing tersebut masing masing bergerak di bidang pertanian dan perumahan.

"Paling banyak di perdagangan, pertanian, dan perumahan. Untuk perumahan banyak yang masuk desa, pengembang kemudian membangun perumahan di desa. Mereka membuat kavling-kavling baru dan menjualnya," kata Heru.

Baca juga: Ponorogo segera miliki gedung pusat kesenian UKM dan industri kreatif
Baca juga: Pembangunan Monumen Reyog Ponorogo capai 50 persen
Baca juga: Ponorogo segera miliki pusat ekonomi dan wisata di tengah kota

Pewarta: Destyan H Sujarwoko
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024