Jangan sampai ada pihak-pihak yang mengambil keuntungan dengan melakukan penimbunan, sehingga mengganggu stabilitas ketersediaan pasokan BBM maupun elpiji
Surabaya (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur (Jatim) Adhy Karyono memastikan stok bahan bakar minyak (BBM) dan elpiji dalam kondisi aman dan mencukupi selama Ramadhan hingga Lebaran 2024.

"Akan ada kenaikan konsumsi dan penjualan BBM dan elpiji selama Ramadhan hingga Lebaran 2024. Misalnya untuk gasoline, yaitu Pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo dan Pertamax Green diperkirakan meningkat 16 persen dari penjualan normal," katanya usai memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Kesiapan BBM dan Elpiji Menjelang Ramadhan dan Idul Fitri 2024 bersama instansi terkait di Surabaya, Jatim, Selasa.

Sedangkan, untuk jenis gasoil, yaitu Biosolar, Dexlite, dan Pertamina Dex diprediksi akan turun sebesar 11 persen terhadap penjualan, mengingat adanya pembatasan aturan perjalanan sektor logistik dan aktivitas industri libur saat Lebaran.

Sementara, data stok per 5 Maret 2024, untuk elpiji tercatat 53.507 metrik ton atau 13 kali lipat konsumsi normal harian, BBM gasoline (bensin) 151.238 kiloliter (kl) atau 6,5 lipat, BBM gasoil (diesel) 148.029 kl atau 12 kali lipat, dan avtur tercatat 9.946 kl atau 13 kali lipat konsumsi normal harian.

Pj Gubernur juga berpesan TNI-Polri melakukan pemantauan dan pengawasan agar tidak ada gangguan distribusi maupun penimbunan BBM dan elpiji.

"Jangan sampai ada pihak-pihak yang mengambil keuntungan dengan melakukan penimbunan, sehingga mengganggu stabilitas ketersediaan pasokan BBM maupun elpiji," ujarnya.

Adhy pun memastikan akan terus berikhtiar memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat agar khusyuk menjalankan ibadah suci Ramadhan.

"Yang terpenting, masyarakat bisa melaksanakan mudik dan balik dengan tenang, lancar serta tidak kesulitan mendapatkan pasokan BBM ketika melakukan perjalanan. Semoga apa yang menjadi ikhtiar kita bersama seluruh jajaran PT Pertamina, TNI-Polri, dan seluruh elemen diberi kelancaran dalam bertugas mengabdi bagi bangsa dan negara," tuturnya.

Sementara itu, Executive General Manager PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus Dwi Puja Ariestya menandaskan akan ada layanan ekstra untuk BBM dan elpiji selama Ramadhan hingga lebaran 2024.

Rencana operasionalnya dimulai pada 28 Maret-25 April 2024 yang ditempatkan di Jalur Tol Trans-Jawa. Dengan rincian 13 SPBU reguler, 12 kios modular, 4 titik layanan kesehatan dan 3 mobile storage.

Sedangkan, untuk jalan nontol, ada 80 motorist Pertamina Delivery Service dan 4 mobile storage.

"Kami juga akan melakukan inspeksi terhadap kelayakan sarana dan prasarana seperti pipa, tangki dan lainnya di terminal BBM, SPBU, mobil tangki, dan kesehatan awak mobil tangki selama periode Ramadhan hingga Lebaran 2024," ucapnya.

Baca juga: Pertamina meningkatkan stok BBM 15 persen di Madiun natal-tahun baru
Baca juga: Pemkot Madiun-Pertamina gelar penukaran tabung elpiji 3 kg ke bright
Baca juga: Gubernur Jatim pastikan pasokan elpiji bersubsidi telah terkendali

Pewarta: Willi Irawan/Hanif Nasrullah
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024