Kita melakukan docking tahunan untuk Express Bahari 2F mulai dari bagian lambung kapal sampai propeller, untuk menjaga kualitas kapal tetap maksimal
Banda Aceh (ANTARA) - PT Pelayaran Sakti Inti Makmur mulai melakukan perawatan (docking) rutin tahunan terhadap kapal cepat Express Bahari rute penyeberangan Banda Aceh - Sabang, dalam upaya menjaga kondisi kapal tetap awet sekaligus memberi kenyamanan bagi penumpang saat berlayar.

Selama kapal Express Bahari menjalani docking, rute penyeberangan Banda Aceh - Sabang tetap berjalan normal lantaran perusahaan swasta itu memiliki sejumlah kapal cepat lainnya.

"Kita melakukan docking tahunan untuk Express Bahari 2F mulai dari bagian lambung kapal sampai propeller, untuk menjaga kualitas kapal tetap maksimal," kata Kepala Perwakilan Cabang PT Pelayaran Sakti Inti Makmur, Nur Surya Saputra di Kota Sabang, Rabu.

Ia menjelaskan kali ini giliran kapal Express Bahari 2F yang melakukan perawatan di PT Dok dan Perkapalan Kodja Bahari (Persero) Sabang. Perawatan ini merupakan kewajiban bagi perusahaan selaku operator kapal.

Perawatan dan pemeliharaan tersebut dilakukan mulai dari lambung kapal, propeller kapal, pengecatan di beberapa bagian, serta hal lain yang dibutuhkan perbaikan selama pemeliharaan.

"Jadi memang kewajiban kami, setiap kapal memang ada docking tahunan, bukan karena ada kerusakan, tapi memang docking prioritas tahunan, semua kapal," ujarnya.

Ia menambahkan, selama kapal Express Bahari menjalani docking, rute penyeberangan Banda Aceh - Sabang tetap berjalan normal yakni tiga trip per hari baik dari Banda Aceh maupun sebaliknya, lantaran perusahaan swasta itu memiliki sejumlah kapal cepat lainnya.

"Selain Express Bahari 2F, kita masih punya Express Bahari 5F, Cantika 89 dan Express Bahari 2C. Semua mendapat giliran pemeliharaan tahunan, secara bergantian," ujarnya.

Baca juga: Trip penyeberangan Banda Aceh-Sabang dibatalkan karena cuaca buruk

Baca juga: 227 penumpang kapal cepat tiba di Pelabuhan Tanjung Pandan

 

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024