ada pelayanan lebih kepada UMKM Kota Solok terkait dari biaya yang lebih murah, juga layanan antar jemput barang dan lainnya
Solok, Sumbar (ANTARA) - Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (DPKUKM) Kota Solok, Sumatera Barat, menjalin kerja sama dengan PT Pos Indonesia untuk pengiriman produk-produk pelaku UMKM di daerah itu.

Kepala DPKUKM Kota Solok Zulferi di Solok, Rabu, mengatakan bahwa kerja sama tersebut dilatarbelakangi dengan adanya aplikasi loka pasar UMKM Manjua yakni aplikasi berbasis website yang dikembangkan Dinas DPKUKM bersama Diskominfo Kota Solok.

"Aplikasi ini sebagai wadah bagi para pelaku UMKM Kota Solok agar mereka bisa memasarkan dan mengenalkan produk kepada masyarakat luas," ujar dia.

PT Pos Cabang Solok sepakat untuk melayani jasa pengiriman dari user aplikasi UMKM Manjua. Dimaksud sebagai user adalah masyarakat yang terdaftar sebagai seller maupun sebagai customer di aplikasi UMKM Manjua.

“Kami kembali melakukan kerja sama, sebelumnya kerja sama ini dilakukan pada tahun 2022, untuk saat ini kami langsung melakukan kerja sama selama dua tahun," ujar dia.

Ia juga melihat dengan adanya prospek bagus maka DPKUKM Kota Solok kembali bekerja sama dengan Pos cabang Solok, tak hanya itu pelayanan dari tahun ke tahun juga ditingkatkan.

Baca juga: Festival Lima Danau Kabupaten Solok masuk kalender nasional KEN 2024

Baca juga: Solok Selatan lakukan pembibitan sapi unggul


"Sehingga nantinya kita melakukan kembali imbauan kepada UMKM Kota Solok terkait perpanjangan kerja sama. Sebelumnya kita juga telah bekerja sama dengan Gober Jek Solok terkait pengiriman lokal," ucap Zulferi.

Lebih lanjut, ia mengatakan untuk saat ini pengiriman lokal telah dilakukan bersama Gober Jek Solok dan untuk pengiriman nasional bekerja sama dengan PT Pos.

"Keuntungan kita melakukan kerja sama ini adalah ada pelayanan lebih kepada UMKM Kota Solok terkait dari biaya yang lebih murah, layanan antar jemput barang dan lainnya. Bagi seluruh UMKM agar dapat memanfaatkan peluang yang ada agar nantinya berdampak bagi usaha yang mereka jalankan,” ujar dia.

Sementara  itu Kepala Kantor Pos Cabang Solok Mutia Rahmatul Azizah berterima kasih karena kembali dipercaya oleh Pemkot Solok untuk mendukung jasa pengiriman produk UMKM Kota Solok.

"Ini bentuk dukungan kami terhadap perkembangan UMKM Kota Solok. Saya mendukung sekali dengan program Pemda Kota Solok dalam meningkatkan perkembangan UMKM Kota Solok ke depannya," ucap Mutia.

Baca juga: Pemkot Solok matangkan pembinaan pola syariah kepada koperasi

Baca juga: STP Unand meluncurkan Solok Belibis Ekraf dan Industrial Gathering

 

Pewarta: Rahmatul Laila
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024