“Sebanyak 16 KPU kabupaten dan kota di Sumsel telah menyerahkan hasil rekapitulasi ke provinsi. Akan tetapi, Kota Palembang belum menyerahkan karena masih proses rekapitulasi dan segera disusulkan,”
Palembang (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Selatan memulai rapat pleno rekapitulasi penghitungan dan perolehan suara Pemilu 2024 tingkat provinsi.

Ketua KPU Sumsel Andika Pranata Jaya saat diwawancarai di Palembang, Rabu, mengatakan pihaknya menggelar rapat pleno perhitungan dan perolehan suara pemilu serentak 2024 mulai dari tanggal 6-10 Maret 2024.

Pada rapat pleno itu akan menghitung hasil rekapitulasi penghitungan dan perolehan suara dari 16 KPU kabupaten dan kota di Sumsel.

“Sebanyak 16 KPU kabupaten dan kota di Sumsel telah menyerahkan hasil rekapitulasi ke provinsi. Akan tetapi, Kota Palembang belum menyerahkan karena masih proses rekapitulasi dan segera disusulkan,” katanya.

Ia menjelaskan mekanisme dari rapat pleno itu perwakilan dari KPU kabupaten dan kota membacakan hasil rekapitulasinya dan akan disahkan di tingkat provinsi.

"Untuk rekapitulasi ini kami mulai dari Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) dan menyusul daerah lain dan menargetkan menyelesaikan rekapitulasi empat per hari, akan tetapi juga kami juga melihat situasi dan perkembangannya," jelasnya.

Kemudian, masyarakat dapat juga mengikuti proses rekapitulasi tingkat provinsi yang dilaksanakan secara terbuka melalui siaran langsung di kanal Youtube KPU Provinsi Sumatera Selatan dan Instagram kpuprovinsisumsel.

Terkait dengan pengamanan rapat tersebut, katanya, KPU Sumsel dibantu oleh personel Polda Sumsel, Kodam II Sriwijaya, serta tim keamanan internal.

Selain itu, Andika mengatakan pelaksanaan Pemilu 2024 di Sumsel berjalan dengan baik. Semua warga bisa menyalurkan hak pilihnya dan pemilih bisa mendapat informasi terkait hasil suara.

"Pelaksanaan Pemilu di Sumsel berjalan dengan baik, semua warga negara dapat menyalurkan hak pilih. Hasilnya pun bisa diketahui oleh seluruh warga Sumsel, jadi pemilu tahun ini berjalan dengan baik," kata dia.

Pewarta: Ahmad Rafli Baiduri
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024