Beijing (ANTARA) - BUMN yang dikelola secara terpusat di China harus menempatkan industri-industri baru yang strategis dan industri-industri yang berorientasi masa depan pada posisi yang menonjol, kata seorang pejabat regulator aset negara utama China pada Selasa (5/3).

Investasi oleh BUMN kelolaan pemerintah pusat di industri strategis baru meningkat 32,1 persen secara tahunan (year on year) pada 2023, ujar Zhang Yuzhuo, Ketua Komisi Pengawasan dan Administrasi Aset Milik Negara (State-owned Assets Supervision and Administration Commission/SASAC) Dewan Negara China, di sela-sela pertemuan "Dua Sesi" yang sedang berlangsung.

Menurut target yang diajukan oleh SASAC, pendapatan yang berasal dari industri strategis baru BUMN China yang dikelola pemerintah pusat akan mencapai sebesar 35 persen dari total pendapatan mereka per 2025 mendatang, katanya.

Sangat penting untuk meningkatkan skema industri "terutama dalam kecerdasan yang menyerupai otak (brain-like intelligence), informasi kuantum, dan fusi nuklir yang terkendali," imbuh Zhang.

Pewarta: Xinhua
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2024