Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum National Paralympic Committe Indonesia (NPC) Senny Marbun menargetkan meloloskan 27 para atlet dengan dua medali emas di Paralimpiade Paris, Paris 2024 pada 28 Agustus sampai 8 September mendatang.

Target 27 para atlet di Paralimpiade Paris ini meningkat empat dari jumlah para atlet yang meramaikan Paralimpiade Tokyo, Jepang 2020 silam.

Untuk target emas, Senny di Jakarta, Rabu, bertekad mempertahankan raihan dua emas yang diraih di Tokyo. Target yang hanya dua emas dari 27 para atlet yang ditargetkan berangkat ini, kata dia, dicanangkan agar para atlet yang tampil tidak terlalu terbebani.

Cabang olahraga bulu tangkis yang pada edisi di Tokyo meraih dua emas, dua perak, dan dua perunggu, pada Paralimpiade Paris nanti ditargetkan Senny dapat kembali menyumbang emas untuk Indonesia.

"Target kita ingin meloloskan 27 atlet dan target kita di Paralimpiade kalau bisa mendapatkan dua emas dulu, jangan tinggi tinggi dulu. Nanti kalau tinggi-tinggi kecapekan sakit hati, jadi dua emas dulu siapa tahu dapat lima," kata Senny saat menghadiri acara penandatanganan perjanjian kerja sama antara Kemenpora dengan NPC untuk persiapan kualifikasi Paralimpiade Paris, Prancis 2024 di Kantor Kemenpora, Jakarta.

Baca juga: Menpora gelontorkan Rp36 miliar pada NPC untuk persiapan Paralimpiade


Pada acara penandatanganan perjanjian kerja sama antara Kemenpora dengan NPC itu, Kemenpora memberikan bantuan Rp36 miliar kepada 10 cabang olahraga untuk persiapan kualifikasi Paralimpiade Paris.

"Ini luar biasa. Ini sudah cukup sekali dan berterima kasih ke pak Menteri yang mengawal kita dengan luar biasa demi meningkatkan prestasi. Karena tanpa dana kita tidak bisa apa-apa. Tanggungjawab kita sekarang adalah prestasi," tambahnya.

Besaran dana itu, kata Senny, adalah untuk agenda pemusatan latihan 10 cabang olahraga yang kini sudah dimulai sejak 1 Januari yang lalu demi memenuhi target memberangkatkan 27 para atlet.

Saat ini, NPC telah meloloskan 12 atlet yang akan tampil di Paralimpiade Paris dengan rincian empat atlet dari panahan, dua atlet dari atletik, satu atlet dari balap sepeda, dua atlet dari menembak, dan tiga atlet dari renang.

"Untuk pemusatan latihan di Solo. Tetapi kita akan tetap mencari single event agar poin kita pas dan masuk paralympic," ucap Senny.

Baca juga: Menpora tegaskan standar pelatnas atlet paralimpiade setara Olimpiade

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024