Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengungkapkan partisipasi Indonesia dalam perhelatan bergengsi Hannover Messe tahun ini di Jerman dapat menjadi momentum untuk menggaet investasi ke Ibu Kota Nusantara atau IKN.

"Itu pasti dan kami terus menggali potensi-potensi investasi untuk kelanjutan daripada pembangunan ibu kota baru, karena ini memang sudah menjadi komitmen kita bersama-sama dan kita akan kembali memperdalam lagi kerangka kerja sama global," ujar Staf Ahli Menteri Bidang Penguatan Kemampuan Industri Dalam Negeri Kemenperin Ignatius Warsito di Jakarta, Rabu.

Ignatius mengatakan bahwa percepatan pembangunan ekonomi, khususnya di bidang manufaktur membutuhkan kolaborasi dengan semua pihak, termasuk para mitra dari seluruh dunia.

"Kita meyakini bahwa kita tidak bisa sendiri dan kita perlu mitra-mitra seluruh dunia untuk mempercepat pembangunan ekonomi Indonesia, khususnya di bidang manufaktur," katanya.

Indonesia dipastikan hadir kembali di ajang pameran industri terbesar di dunia Hannover Messe 2024 pada 22-26 April 2024 mendatang di Hannover, Jerman.

"Kami pikir kerja samanya tidak hanya investasi dan infrastruktur, melainkan juga mencakup bagaimana partisipasi dalam mendorong partisipasi lokal untuk ikut lebih banyak lagi sehingga transformasi yang dalam pembangunan IKN betul-betul memberikan tematik yang smart and green capital city," ujar Ignatius.

Partisipasi Indonesia tahun ini merupakan tindak lanjut dari peran sebagai Official Partner Country Hannover Messe 2023 dan sebagai salah satu upaya kampanye berkelanjutan dari kebijakan Making Indonesia 4.0.

Partisipasi ini juga dilakukan dalam rangka peningkatan ekspor, investasi, dan kerjasama industri serta branding atas posisi Indonesia sebagai salah satu kekuatan ekonomi dunia dan pemain manufaktur global.

Di tahun ini, Paviliun Indonesia kembali mengangkat tagline “Infinite Journey” dengan logo yang sama seperti tahun sebelumnya. Hal tersebut dilakukan untuk memperkuat identitas Indonesia dan terus menyegarkan citra Indonesia sepanjang peran Indonesia sebagai negara mitra resmi pada Hannover Messe 2023, serta melanjutkan semangat optimisme dan potensi masa depan yang luas, dan tidak terbatas terutama di sektor industri.

Hannover Messe 2024 mengangkat tema besar “Energizing Sustainable Industry” dengan fokus pada lima kategori, antara lain Future Hub; Engineered Parts & Solutions; Automation, Motion & Drives; Digital Ecosystems; dan Energy Solutions.


Baca juga: Kemenperin: Hannover Messe 2024 branding RI pemain manufaktur global

Baca juga: Enam perusahaan investasi di Batam berkat Hannover Messe 2023

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2024