Banda Aceh (ANTARA) - Manajemen Persiraja Banda Aceh segera melaporkan wasit yang memimpin pertandingan leg pertama perebutan juara ketiga Liga 2 antara Persiraja dan Malut United di Stadion Langsa, Aceh, Selasa (5/2) ke Komite Wasit PSSI dan Satgas Anti Mafia bola.

"Kami melaporkan wasit tersebut karena sangat kecewa dengan keputusan yang diambil wasit dalam pertandingan Persiraja vs Malut United," kata Presiden Persiraja Nazaruddin Dek Gam di Banda Aceh pada Rabu.

Laga perebutan juara ketiga tersebut dipimpin wasit Cahya Sugandi, asisten wasit 1 Wisda Firmada dan asisten wasit 2 Hendra Cipta Nasution. wasit cadangan Axel Febrian, serta penilai wasit Alil Rinenggo.

Persiraja menilai Cahya banyak mengeluarkan keputusan kontroversial saat laga itu yang sangat merugikan timnya dan juga membuat pendukung Persiraja marah.

"Kami merasa bahwa ini adalah langkah yang harus kami ambil untuk menjaga integritas kompetisi," kata anggota Komisi III DPR RI itu.

Dia menyampaikan, laporan juga disampaikan kepada Satgas Anti Mafia Bola dan kepolisian agar melakukan penyelidikan dalam kasus ini.

Dia mengklaim langkah Persiraja ini mendapat dukungan luas dari penggemar dan masyarakat sepak bola Aceh.

Baca juga: Persiraja Banda Aceh ditahan imbang tanpa gol oleh Malut United

"Mereka berharap agar tindakan ini dapat menghasilkan perubahan positif dalam penegakan aturan dan keadilan dalam kompetisi sepak bola tanah air," kata Dek Gam.

Sekretaris Umum Persiraja Rahmat Djailani menyatakan semua berkas pelaporan sedang disiapkan oleh tim manajemen.

"Sesuai arahan presiden, saat ini semua berkas untuk laporan ke Komite Wasit PSSI, dan Satgas Anti Mafia Bola sedang kita rampungkan, dan segera kita laporkan," kata Rahmat Djailani.

Persiraja dipaksa bermain imbang 0-0 saat menghadapi Malut United dalam pertandingan di Stadion Langsa, Selasa sore kemarin.

Persiraja menilai keputusan kontroversi terjadi pada menit ke 92 saat bek tengah Malut United, Jeong Homin menjatuhkan Al Muzanni di dalam kotak penalti. Kaki bek Malut United tersebut jelas menghadang laju Al Muzanni.

Wasit Cahya Sugandi tetap pada keputusannya tidak memberikan penalti kepada Persiraja.

Belum ada pernyataan dari komisi wasit dan pihak-pihak terkait lain dengan rencana aduan Persiraja ini. 

Baca juga: Malut United masih berpeluang lolos Liga 1

Pewarta: Rahmat Fajri
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2024