Jakarta (ANTARA) - Bintang Real Madrid Jude Bellingham mendapatkan hukuman larangan bermain dua pertandingan La Liga karena menghina atau tidak sopan terhadap wasit setelah diganjar kartu merah dalam laga kontroversial melawan Valencia yang berakhir imbang 2-2.

Komite Disiplin Federasi Sepak Bola Spanyol memberikan sanksi larangan bermain dua pertandingan kepada Bellingham lantaran "sikap tidak hormat terhadap wasit," ditambah denda sebesar 600 euro untuk pemain itu dan 700 euro dibebankan kepada klub, tulis ESPN dalam lamanya pada Rabu.

Pemain asal Inggris itu mendapat kartu merah karena berdebat keras dengan wasit Jesús Gil Manzano padsa akhir laga, lantaran menganulir golnya yang bisa membawa Madrid menang.

Gil Manzano mengambil keputusan kontroverisal dengan meniup peluit akhir pertandingan saat bola umpan sedang berada di udara, sesaat sebelum Bellingham mencetak gol yang bisa mengubah kedudukan menjadi 3-2 untuk Real Madrid. Kedua tim kisruh di lapangan setelah keputusan tersebut.

Laporan pasca pertandingan tim wasit mengatakan Bellingham telah menunjukkan "sikap agresif" dan diduga meneriakkan kata-kata kotor kepada wasit.

Baca juga: Xavi sayangkan cederanya Frenkie de Jong dan Pedri

Real Madrid berdalih Bellingham tidak menunjukkan sikap agresif, melainkan membela bintangnya hanya berbicara satu kali kepada wasit, dan membantah ucapann yang menyinggung atau menghina.

Namun Komite Disiplin menolak dalih Real  karena tidak memberikan bukti nyata atas pembelan terhadap pemainnya itu sehingga interpretasi wasit atas perilaku Bellingham diterima.

Atas larangan bermain dua laga ini, Bellingham akan melewatkan pertandingan La Liga saat Madrid menghadapi Celta Vigo pada akhir pekan, dan melawan Osasuna pada 16 Maret. Dia akan kembali bermain untuk pertandingan melawan Athletic Bilbao pada 31 Maret.

Bellingham masih bisa tampil untuk Madrid dalam babak 16 besar Liga Champions Kamis dini hari nanti saat Los Blancos menjamu RB Leipzig pada leg kedua di Bernabeu.

Baca juga: Laga Barcelona lawan Athletic Bilbao berakhir imbang tanpa gol

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2024