Jakarta (ANTARA) - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) fokus untuk mengeliminasi lima dari 11 jenis penyakit tropis yang terabaikan (Neglected Tropical Diseases/NTDs) yang saat ini terdeteksi di Indonesia.

"NTDs di Indonesia yang harus diurus ada 11, termasuk cikungunya, rabies, dan demam berdarah. Itu kita mau fokus pada lima penyakit," kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin diikuti dalam jaringan di Jakarta, Rabu.

Lima penyakit yang dimaksud yakni, filariasis (kaki gajah), kecacingan, schistosomiasis (demam keong), kusta, dan frambusia.

Sedangkan NTDs versi WHO yang terdeteksi di Indonesia mencapai 11 jenis. Empat di antaranya ditularkan oleh parasit yakni filariasis, kecacingan, schistosomiasis, dan taeniasis/cysticercosis.

Tiga lainnya disebabkan oleh virus adalah dengue, cikungunya, dan rabies. Dua penyakit disebabkan bakteri, yakni leprosy (kusta) dan yaws (frambusia).

NTDs juga dapat disebabkan oleh racun yakni gigitan ular berbisa. Sedangkan yang disebabkan oleh ektoparasit adalah skabies.

Budi mengatakan penyakit dengue, rabies, dan cikungunya di Indonesia telah memperoleh perhatian untuk ditangani.

Baca juga: Menkes: Kader posyandu perlu layani seluruh siklus hidup manusia

Kemenkes melaporkan penyakit kusta yang kini terdeteksi di Indonesia mencapai 14.376 kasus baru dari target eliminasi kurang dari 1 per 10 ribu penduduk.

Sedangkan frambusia masih ditemukan sebanyak 69 kasus baru di tahun 2024. Kasus terbanyak dilaporkan dari Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, Papua Barat Daya, dan Papua Tengah.

Untuk penyakit demam keong hanya ditemukan di dua kabupaten yaitu Poso dan Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah.

Demikian juga dengan cacingan yang masih tersebar di seluruh kabupaten/kota dengan target penurunan angka prevalensi kecacingan menjadi kurang dari 10 persen.

Sedangkan eliminasi filariasis sudah dilakukan secara bertahap di 236 kabupaten/kota endemis. Sampai dengan 2023, sebanyak 40 kabupaten/kota telah dinyatakan eliminasi filariasis dan menerima sertifikat dari Menteri Kesehatan.

Baca juga: 1 juta warga RI masih kena penyakit tropis, kusta hingga frambusia
Baca juga: Kemenkes: Lima penyakit tropis terabaikan masih ditemukan di Indonesia

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024