Jakarta (ANTARA) - KBRI Madrid memfasilitasi lima agenda bisnis antara Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Komite Bilateral Spanyol dan Portugal dengan perusahaan Spanyol sebagai upaya menjaring babak baru hubungan ekonomi antar kedua negara.

“KBRI Madrid menyambut baik misi Komite Bilateral Spanyol-Portugal KADIN Indonesia yang baru terbentuk ini sebagai terobosan kerja sama Indonesia dengan Spanyol, khususnya di bidang perdagangan, investasi dan pariwisata,” demikian pernyataan resmi KBRI Madrid dalam rilis media yang diterima di Jakarta, Rabu,

Kegiatan memperluas hubungan ekonomi Indonesia dan Spanyol dimulai dengan forum bisnis bersama 21 perusahaan Spanyol yang bergerak di sektor energi, pakan ternak, tenaga kerja perikanan, pertanian, kimia, perhotelan, barang konsumen, ekspor dan impor, properti, konstruksi, serta teknologi.

Forum bisnis yang mengambil tempat di Aula KBRI Madrid tersebut juga dihadiri oleh KADIN Spanyol, asosiasi bisnis Spanyol-ASEAN, serta perwakilan dari kedutaan besar negara-negara ASEAN di Madrid. Forum tersebut juga dimanfaatkan baik oleh delegasi KADIN maupun kalangan dunia usaha Spanyol untuk membangun jejaring bisnis yang dapat dikembangkan di kemudian hari.

KADIN juga memanfaatkan forum tersebut untuk mendistribusikan buku biografi Presiden Joko Widodo dalam Bahasa Spanyol berjudul Jokowi Hace Realidad El Sueño de Indonesia (Jokowi Mewujudkan Impian Indonesia) yang baru diluncurkan dua hari sebelumnya di Barcelona.

KADIN juga bertemu dengan Cámara de Comercio de España (KADIN Spanyol). Pertemuan yang diselenggarakan di kantor Cámara tersebut utamanya membahas tentang nota kesepahaman kerja sama kedua belah pihak.

Selain itu, Cámara juga mengusulkan pembentukan Indonesia-Spain Business Council. Jika terwujud, dewan bisnis bilateral itu akan menjadi yang pertama di Asia Tenggara.

Pertemuan dengan ASEMPEA (Asosiasi Pengusaha Spanyol-ASEAN) juga dilaksanakan guna membahas penjajakan potensi kerja sama yang dapat dilakukan oleh para pengusaha Spanyol di Indonesia, termasuk kebijakan Pemerintah serta situasi ekonomi di Indonesia.

Tak hanya itu, KADIN juga lakukan lawatan ke kampus Sekolah Bisnis Instituto Empresarial (IE) University di Madrid untuk membuka peluang kerja sama. IE University tertarik bekerja sama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) agar mahasiswa Indonesia yang berjumlah tujuh orang saat ini dapat ditingkatkan menjadi setidaknya 40 orang ke depannya.

Delegasi KADIN Indonesia menutup misi bisnis ke Spanyol dengan mengunjungi Montecastro, sebuah kebun anggur terkemuka di wilayah Aranda del Duero di Provinsi Valladolid. Kunjungan itu diharapkan dapat membantu pengenalan KADIN akan kualitas anggur di Spanyol dan dapat membuka peluang investasi dan perdagangan dengan industri anggur di Indonesia.

Baca juga: Indonesia catat potensi transaksi Rp46 miliar pada pameran di Madrid
Baca juga: KBRI Madrid rayakan HUT RI, diaspora diimbau jaga nasionalisme


Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Arie Novarina
Copyright © ANTARA 2024