Banjir di perumahan ini merendam banyak pemukiman dan banyak perabotan rumah tangga warga nyaris tak terselamatkan akibat terbawa arus banjir
KENDARI (ANTARA) - Satuan Brigade Mobile (Sat Brimob) Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) mengevakuasi para warga yang terdampak banjir akibat hujan deras yang mengguyur Kelurahan Sodohoa dan Kelurahan Sanua, Kota Kendari.

Kepala Bagian Operasional (Kabag Ops) Brimob Polda Sultra AKP Erwin Setiawan saat ditemui di Kendari, Kamis, mengatakan hujan deras yang mengguyur Kota Kendari itu mengakibatkan banjir parah di dua kelurahan tersebut dengan ketinggian air mencapai dada orang dewasa.

"Banjir di perumahan ini merendam banyak pemukiman dan banyak perabotan rumah tangga warga nyaris tak terselamatkan akibat terbawa arus banjir," kata Erwin Setiawan.

Dalam proses evakuasi dan penanganan banjir di daerah tersebut, pihaknya menurunkan sekitar 70 personel untuk membantu para warga.

Baca juga: Kendari bangun kolam retensi antisipasi bencana hidrometeorologi

“Untuk personel yang kami turunkan satu kompi kurang lebih ada 70 personel yang kita siapkan dalam membantu masyarakat,” ungkapnya.

Selain dari Tim Sat Brimob Polda Sultra, terpantau juga personel dari TNI-Polri dan Basarnas sudah berada di lokasi banjir untuk memberikan bantuan kepada masyarakat.

Untuk memberikan rasa aman kepada para warga terdampak banjir, pihaknya akan mengawal dan bersiaga hingga air surut dan aktivitas warga kembali normal.

“Untuk personel tetap kita disiagakan sampai nanti benar-benar masyarakat kami bantu dan masyarakat bisa melaksanakan aktivitas seperti biasanya,” ucap Erwin Setiawan.

Baca juga: Hujan deras, rumah warga Wundududopi Kendari terendam banjir

Ia mengatakan banjir terparah terjadi di Kelurahan Sodhoa, Kecamatan Kendari Barat. Bahkan, lanjutnya, sejumlah rumah warga hanyut terbawa arus.

“Sampai saat ini laporan yang kami terima belum ada korban jiwa, namun kerugian materi, banyak kendaraan yang terkena dampak banjir, kemudian ada perumahan yang rusak akibat banjir ini,” ungkapnya.

Selain di Kelurahan Sodohoa, lanjutnya, Rumah Sakit Santa Anna yang berada di Kelurahan Sanua tak luput dari banjir, sehingga Polri, TNI, dan Basarnas, siap membantu.

“Titik yang diprioritaskan di Rumah Sakit Santa Anna dan di daerah Lasolo, karena dampak banjir yang paling parah sudah di sini," tambahnya.

Baca juga: Brimob Polda Sultra salurkan bantuan air bersih di Konawe Selatan

Pewarta: La Ode Muh. Deden Saputra
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024