"Setiap orang yang masuk dan keluar hotel pada saat berlangsungnya sidang pleno harus menggunakan ID card sebagai tanda pengenal dan akan diperiksa menggunakan alat keamanan metal detector oleh polisi,"
Ternate (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Maluku Utara (Malut) melakukan langkah-langkah pengamanan ketat di sekitar tempat sidang pleno tahapan perhitungan surat suara pemilu Komisi Pemilihan Umum Provinsi Maluku Utara (Malut) yang dilaksanakan di sebuah hotel 5-10 Maret 2024.

Kabid Humas Polda Maluku Utara AKBP Bambang Suharyono dihubungi, Kamis, mengatakan, Polda Malut telah melakukan langkah-langkah pengamanan yang ketat untuk memastikan kelancaran pelaksanaan tugas demokratis dalam proses penetapan hasil sidang pleno penghitungan surat suara pemilu Provinsi Malut.

Oleh karena itu, dalam rangka menjaga situasi Kamtibmas tetap aman dan kondusif, personel Polri perketat pengamanan rekapitulasi perhitungan suara Pemilu 2024 ditingkat Provinsi yang dilaksanakan dari tanggal 5 Maret sampai 10 Maret 2024.

"Setiap orang yang masuk dan keluar hotel pada saat berlangsungnya sidang pleno harus menggunakan ID card sebagai tanda pengenal dan akan diperiksa menggunakan alat keamanan metal detector oleh polisi," ujarnya.
 
Polda Malut memeriksa secara ketat setiap orang yang masuk dalam ruangan pleno tahapan perhitungan surat suara pemilu Komisi Pemilihan Umum Provinsi Maluku Utara di Ballroom Bela Hotel 5-10 Maret 2024, Kamis (7/3/2024). ANTARA/Abdul Fatah (Abdul Fatah)


Polda Maluku Utara juga menempatkan personel Samapta dan Pamobvit di ring dua dekat pintu masuk Ballroom hotel, sementara untuk personel Satbrimob melakukan sterilisasi di sekitar hotel dan Ditlantas bertanggung jawab atas kelancaran lalu lintas dan parkiran sekitar hotel.

"Pengamanan ini bukan hanya fokus pada aspek fisik, melainkan juga melibatkan fungsi intelijen untuk mendeteksi potensi ancaman atau gangguan yang dapat merugikan proses demokrasi," katanya.

Untuk itu, langkah-langkah preventif dan komitmen aparat kepolisian ini diharapkan dapat menjaga integritas pemilu dan mencegah potensi gangguan keamanan.

Dirinya mengakui, pihaknya berharap agar proses pleno rekapitulasi hasil pemilu serentak tahun 2024 di tingkat KPU Malut dapat berjalan secara aman dan demokratis.

"Dengan adanya dukungan dari seluruh pihak terkait, diharapkan proses rekapitulasi dapat berjalan dengan transparan dan akurat, menciptakan hasil yang dapat dipercaya oleh seluruh masyarakat Malut," kata Kabid Humas.

Dia menjelaskan, dalam pleno rekapitulasi dihadiri Kapolda Malut Irjen Pol Midi Siswoko bersama seluruh Forkompimda tidak hanya sebagai perwakilan kepolisian, tetapi juga sebagai bagian dari koordinasi dengan seluruh pihak terkait.

Menurut dia, Kapolda Malut dalam penyampaian memastikan bahwa Polda Malut siap Lakukan Pengamanan rapat pleno rekapitulasi tingkat provinsi berjalan aman dan lancar sesuai dengan yang direncanakan.dengan menyiapkan penambahan pengamanan oleh Personil yang dilibatkan dalam operasi Mantab Brata.
 

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024