Washington (ANTARA) - Pertukaran pariwisata selalu menjadi komponen penting dalam hubungan China-Amerika Serikat, menurut seorang diplomat China di AS dalam sebuah simposium baru-baru ini, seraya menyerukan agar kedua negara memperluas dan memperdalam pertukaran antarmasyarakat maupun budaya.

Jing Quan, kuasa usaha (charge d'affaires) Kedutaan Besar China di AS, memberikan sambutan dalam Simposium Pariwisata China-AS yang diselenggarakan pada 29 Februari, menekankan perlunya kedua negara untuk secara aktif menerapkan konsensus yang dicapai oleh kedua pemimpin negara dalam konferensi tingkat tinggi di San Francisco.

Jing mengatakan kepada lebih dari 40 partisipan dari kedua negara yang hadir dalam simposium tersebut bahwa baru-baru ini China mengambil langkah-langkah efektif untuk menyederhanakan aplikasi visa bagi warga asing yang bepergian ke China serta mendorong upaya untuk memfasilitasi pembayaran menggunakan mata uang asing di China. Dengan upaya bersama antara China dan AS, jumlah penerbangan langsung akan meningkat menjadi 100 penerbangan per pekan pada akhir Maret.

Simposium tersebut membahas secara menyeluruh kesulitan dan tantangan saat ini yang memengaruhi kunjungan wisatawan antara China dan AS serta mendorong pemulihan pariwisata bilateral ke level prapandemi, kata diplomat China itu.

Gao Zheng, Direktur Jenderal Biro Pertukaran dan Kerja Sama Internasional di Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata China, menyampaikan pandangan China mengenai peningkatan kerja sama pariwisata antara kedua negara serta persiapan untuk Konferensi Tingkat Tinggi Kepemimpinan Pariwisata China-AS ke-14, serta menanggapi pertanyaan yang diajukan oleh para perwakilan dari perusahaan-perusahaan pariwisata AS.

Para partisipan terlibat dalam pertukaran mendalam, bertukar gagasan, dan bersama-sama mengeksplorasi prospek kerja sama pariwisata di masa mendatang, serta secara aktif mengupayakan realisasi awal dari visi yang ditetapkan oleh para pemimpin China dan AS di San Francisco.

Pewarta: Xinhua
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2024