Tanjungpinang (ANTARA) - Empat calon anggota legislatif daerah pemilihan (Dapil) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) berpotensi lolos sebagai anggota DPR berdasarkan rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat provinsi setempat.

Hasil pleno DPR yang sudah disahkan KPU Kepri, empat caleg DPR peraih suara terbanyak berasal dari partai Gerindra, NasDem, Golkar, dan PDI-Perjuangan. Hal ini sesuai dengan jatah kursi DPR RI untuk dapil Kepri sebanyak empat kursi.

"Dengan ini, kami menetapkan hasil pleno rekapitulasi penghitungan suara untuk DPR RI," kata Ketua KPU Kepri Indrawan Susilo Prabowoadi dalam rapat pleno tingkat Provinsi Kepri di CK Hotel Tanjungpinang, Jumat pagi.

Indrawan menyebut rapat pleno tingkat Provinsi Kepri hanya membacakan rekapitulasi hasil penghitungan suara untuk pemilihan Presiden/Wakil Presiden, DPR RI, DPD RI dan DPRD Provinsi Kepri.

Pleno tersebut digelar secara berjenjang dan simultan dari tingkat kecamatan, kabupaten/kota, provinsi hingga nasional yang ditargetkan rampung pada 20 Maret 2024.

"Bagi saksi caleg maupun partai politik yang menolak hasil pleno rekapitulasi penghitungan suara, bisa mengajukan gugatan ke MK," katanya.

Hingga saat ini rapat pleno masih berlangsung dengan agenda pembacaan hasil rekapitulasi penghitungan suara tingkat DPRD Provinsi Kepri dapil tujuh kabupaten/kota setempat.

Berikut empat partai politik dan caleg DPR RI Dapil Kepri peraih suara terbanyak di Pemilu 2024;

1. Golkar : 166.147 suara

Suara caleg tertinggi : Rizki Faisal 73.664 suara

2. Gerindra : 164.310 suara

Suara caleg tertinggi : Endipat Wijaya 105.413 suara

3. NasDem : 151.776 suara

Suara caleg tertinggi : Randi Zulmariadi 85.670 suara

4. PDI-Perjuangan : 149.222 suara

Suara caleg terbanyak : Sturman Panjaitan 59.460 suara
 

Pewarta: Ogen
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2024