Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Indonesia segara memanfaatkan peluang penyaluran bantuan kemanusiaan untuk warga Palestina di Gaza melalui jalur udara.

Pernyataan itu disampaikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) usai meninjau proses simulasi penyaluran bantuan kemanusiaan via udara yang digelar di Pangkalan TNI AU Iswahjudi, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Jumat.

"Kita tadi melihat peragaan ngedrop bantuan yang akan kita segera lakukan di Gaza karena Indonesia merupakan salah satu negara yang diberi kesempatan untuk bisa memberikan bantuan ke Gaza, ke rakyat Palestina dengan lewat udara karena lewat darat sudah sulit," ujarnya melalui Sekretariat Presiden di Jakarta.

Presiden Jokowi mengatakan bantuan tersebut akan disalurkan menggunakan pesawat Hercules melalui jalur udara.

Dalam simulasi tersebut, sejumlah pesawat Hercules dan helikopter melakukan aksi melepas heli box dari ketinggian tertentu.

"Tadi kita coba terlebih dahulu kira-kira akan seperti apa dengan menggunakan pesawat Hercules dan ini akan segera kita bawa bantuan ke Gaza dan didrop dari udara dengan pesawat Hercules kita. Tadi sudah disimulasi dan saya melihat hasilnya baik," ujarnya.

Kepala Negara menyampaikan komitmen Indonesia untuk terus memberikan dukungan kepada rakyat Palestina. Dengan bantuan ini, Indonesia berharap dapat meringankan beban yang dihadapi oleh masyarakat di Gaza.

Sebelumnya pada Desember 2023, Pemerintah Indonesia berjanji akan menambah jumlah kontribusi kepada Badan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA) hingga tiga kali lipat lebih banyak di tahun ini.

Pemerintah Indonesia telah mengirimkan bantuan kemanusiaan tahap pertama untuk Gaza pada Sabtu, 4 November 2023.

Total bantuan yang dikirimkan adalah 51,8 ton dan merupakan gabungan dari berbagai pihak. Dari total tersebut, 7 ton diantaranya adalah bantuan kemanusiaan yang dikelola oleh Kementerian Kesehatan.

Bantuan yang dikirimkan pada tahap pertama berupa obat-obatan, hygiene kit dan makanan bergizi serta bantuan logistik lainnya yang dibutuhkan masyarakat Gaza, Palestina.

Pemerintah Indonesia kembali mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk Gaza, Palestina berupa perlengkapan rumah sakit dan obat-obatan senilai Rp31,9 miliar. Pelepasan bantuan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo di Pangkalan TNI AU Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Senin (20/11).
Baca juga: Jokowi serukan solidaritas dengan Palestina pada KTT ASEAN-Australia
Baca juga: Indonesia janji tambah tiga kali lipat bantuan untuk Palestina
Baca juga: Indonesia desak bantuan kemanusiaan untuk warga Gaza segera dikirimkan

 

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024