Jakarta (ANTARA) - Komite Olimpiade Indonesia (KOI) mengemukakan sebanyak tujuh orang atlet dari lima cabang olahraga sudah dipastikan lolos dalam kualifikasi untuk berjuang mewakili Indonesia dalam ajang Olimpiade Paris 2024.

"Hingga saat ini, Indonesia sudah meloloskan tujuh atlet dari lima cabang olahraga menuju Olimpiade Paris dan peluang atlet yang lolos masih bisa bertambah masih ada cabang yang menjalani kualifikasi," kata Ketua Umum KOI Raja Sapta Oktohari saat memberikan sambutan dalam acara Rapat Anggota dan Kongres Luar Biasa KOI 2024 di Jakarta, Jumat.

Ketujuh atlet yang sudah mengantongi tiket untuk ambil bagian dalam kompetisi olahraga tertinggi dunia itu yakni Arif Dwi Pangestu dan Diananda Choirunisa/Riau Egha Agatha Salsabila dari panahan, Rifda Irfanaluthfi dari  senam artistik.

Selain itu, Desak Maderita Kusuma Dewi dan Rahmat Adi Mulyono dari panjat tebing, Fathur Gustafian dari menembak, serta Rio Waida dari cabang selancar.

Baca juga: Atlet menembak Fathur Gustafian amankan tiket ke Olimpiade Paris 2024
Baca juga: Rio Waida dapatkan tiket Olimpiade Paris 2024

Oktohari mengatakan, cabang-cabang lain juga masih dalam proses berjuang untuk meloloskan atlet ke Olimpiade Paris melalui berbagai turnamen yang masuk dalam kualifikasi Olimpiade.

"Ada dari balap sepeda, ada judo, badminton, dan lainnya yang masih terus berkualifikasi," ujarnya.

Ia mengatakan, perjuangan untuk meloloskan atlet ke Olimpiade melalui proses yang tidak mudah. Oleh sebab itu, dukungan dari berbagai kalangan kepada para atlet sangat dibutuhkan agar mampu memperoleh hasil yang optimal.

Baca juga: Menpora apresiasi capaian tiket olimpiade panjat tebing

Oktohari juga mengajak para pihak yang hadir dalam acara itu agar turut meningkatkan edukasi kepada masyarakat untuk selalu memberikan apresiasi kepada para atlet yang bisa lolos dan mewakili Merah Putih di kancah internasional.

"Nanti akan ada puluhan orang yang mewakili Indonesia di kancah olahraga tertinggi dunia yaitu Olimpiade Paris sehingga mari kita semua memberikan dukungan terbaik," katanya.

Turut hadir dalam acara tersebut, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, sejumlah pejabat yang mewakili Menteri Koordinator Bidang PMK, Menteri Pemuda dan Olahraga, serta para ketua umum atau perwakilan dari berbagai cabang olahraga.

Baca juga: KOI dan PBSI berkomitmen jaga performa atlet hingga Olimpiade Paris
Baca juga: KOI kolaborasi dengan Kedubes Prancis Jakarta jelang Olimpiade Paris

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024