Jakarta (ANTARA) - Kepastian waktu pengiriman dari produk yang kita beli saat berbelanja online, terkadang bisa menjadi kunci untuk memenangkan hati para pelanggan. Shopee, sebagai salah satu platform e-commerce di Indonesia, nampaknya menyadari pentingnya hal tersebut bagi pembeli.

Dalam upaya untuk memberikan layanan terbaik kepada pengguna Shopee baru-baru ini meluncurkan Program Garansi Tepat Waktu. Program ini memberikan jaminan kepada pembeli bahwa pesanan mereka akan tiba sesuai waktu yang tertera di Aplikasi Shopee. Jika pesanan tersebut tiba melewati batas waktu yang telah ditetapkan, pembeli berhak untuk menerima voucher dari Shopee.

Lantas, kenapa Shopee berani mengeluarkan kebijakan Garansi Tepat Waktu tersebut? Salah satu alasan utamanya adalah untuk semakin meningkatkan inovasi layanannya bagi para pengguna, mengingat sektor e-commerce adalah salah satu sektor ekonomi yang paling menjanjikan.

Di sepanjang tahun 2023, Bank Indonesia mencatat nilai transaksi e-commerce di Indonesia bahkan mencapai Rp453,75 triliun dan tren transaksi tersebut diprediksi akan terus tumbuh di tahun 2024.

Baca juga: Rayakan bulan suci dalam Kemeriahan Shopee Big Ramadan Sale 2024

Selain itu, Deputi Gubernur BI Filianingsih Hendarta menyatakan bahwa volume transaksi e-commerce pada tahun 2023 mencapai 3,71 miliar. Kenaikan transaksi ini menunjukkan bahwa tren belanja online terutama di Indonesia, memang terus meningkat, dengan jumlah basis pengguna yang terus bertumbuh pesat.

Tentunya hal ini merupakan peluang yang harus dioptimalkan oleh pemain e-commerce seperti Shopee, untuk melahirkan program yang mampu menggaet target pasar audiens yang baru sekaligus mempertahankan para pelanggan lama. Garansi Tepat Waktu merupakan salah satu langkah strategis untuk mengoptimalkan potensi transaksi dari perdagangan e-commerce di Indonesia.
 
Poster kampanye program Garansi Tepat Waktu Shopee (Dok. Istimewa)


Garansi Tepat Waktu, investasi UMKM untuk raih lebih banyak pembeli

Untuk memaksimalkan program Garansi Tepat Waktu tersebut, para penjual juga diimbau untuk mengelola toko mereka dengan efisien. Berikut beberapa tips yang dapat membantu dalam mengoptimalkan proses manajemen toko untuk menjaga loyalitas dan kepuasan pembeli:

Baca juga: Belanja jadi lebih nyaman dengan Shopee Garansi Tepat Waktu

Perhatikan Permintaan Pembeli: Pastikan untuk selalu memantau pesanan masuk dan perhatikan detail permintaan pembeli, agar penjual mengirim pesanan sesuai dengan permintaan pembeli. Hal ini penting untuk mengurangi kemungkinan pengembalian barang yang disebabkan karena pesanan yang tidak sesuai.

Lakukan Stock Opname Secara Rutin: Pastikan untuk selalu memantau dan mengelola stok barang dengan rutin. Dengan begitu, penjual dapat memastikan ketersediaan barang yang cukup untuk memenuhi permintaan pembeli dan mencegah terjadinya kekurangan stok yang dapat mengganggu kelancaran operasional toko penjual

Perhatikan Masa Pengemasan: Usahakan untuk mengemas setiap pesanan yang masuk sesuai dengan kebijakan Masa Pengemasan yang berlaku di Shopee. Sehingga, penjual dapat memastikan pengalaman belanja yang baik dan memuaskan bagi para pembeli di toko mereka karena pesanan pembeli dapat sampai tepat waktu.

Melalui program Garansi Tepat Waktu, Shopee tidak hanya memberikan kepastian waktu pengiriman yang dapat memberikan kenyamanan bagi pembeli di Shopee, tetapi juga membuka peluang baru bagi penjual untuk memperkuat posisi bisnis mereka di tengah persaingan pasar yang semakin ketat.

Baca juga: Garansi Bebas Pengembalian Shopee bisa beri manfaat buat UMKM

Informasi lebih lanjut mengenai program Garansi Tepat Waktu dapat dilihat di sini.

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024