Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan telah terjadi gempa yang berkekuatan 6 magnitudo di Karatung, Sulawesi Utara, Jumat, sekitar pukul 16.11 WIB.

Pusat gempa tersebut berada di laut sebelah Barat Pulau Karatung atau berjarak 110 kilometer barat laut Karutung, Sulawesi Utara, di kedalaman 141 kilometer.

Dalam peringatan dini melalui sistem aplikasi infoBMKG yang dipantau di Jakarta,  menyebutkan getaran gempa itu dilaporkan juga dirasakan oleh masyarakat di wilayah Kabupaten Kepulauan Talaud dengan skala III MMI.

Baca juga: Gempa berkekuatan magnitudo 4,4 guncang Bolsel Sulut

Namun, tim BMKG masih melakukan analisa sementara mendeteksi gempa tersebut berpotensi tsunami atau tidak.

BMKG juga belum melaporkan secara rinci terkait dengan pemicu dan dampak yang ditimbulkan gempa tersebut terhadap masyarakat.

Untuk itu, masyarakat diimbau supaya tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, sampai hasil analisa peristiwa menyeluruh resmi dilaporkan oleh BMKG.

Hasil analisa resmi tersebut biasa didapatkan masyarakat dengan cara mengakses aplikasi daring infoBMKG, pelbagai akun media sosial infoBMKG, atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat.

Pewarta: M. Riezko Bima Elko Prasetyo
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024