Kita ingin ajak semuanya berkontribusi dalam pembangunan dan penyelesaian permasalahan di Kota Bandung. Bagaimana dana CSR ini bermanfaat bagi masyarakat
Kota Bandung (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung Jawa Barat mengajak perusahaan swasta di daerahnya untuk ikut serta dalam membangun kota, demi kesejahteraan warga setempat dengan menggelontorkan dana Corporate Social Responsibility (CSR) yang dimiliki perusahaan.

"Kita ingin ajak semuanya berkontribusi dalam pembangunan dan penyelesaian permasalahan di Kota Bandung. Bagaimana dana CSR ini bermanfaat bagi masyarakat," kata Sekretaris Daerah Kota Bandung Ema Sumarna di Bandung, Jumat.

Ema menjelaskan, penyelesaian pembangunan dan permasalahan Kota Bandung tidak bisa dilakukan oleh pemerintah sendiri, tetapi perlu adanya kolaborasi dengan seluruh elemen masyarakat, termasuk dukungan perusahaan yang tergabung dalam forum Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL).

"Kalau sudah berbicara pendekatan anggaran, kita tidak bisa menyelesaikan persoalan di Kota Bandung. Perlu kolaborasi dan bantuan dari seluruh stakeholder termasuk perusahaan melalui TJSL," katanya.

Menurut dia, hadirnya TJSL ini dapat menjadi media dan jembatan bagi perusahaan dan pemerintah untuk berkontribusi dalam perbaikan kesejahteraan di Kota Bandung.

"Satu hal yang sering dikedepankan oleh pimpinan kami adalah kolaborasi. Kalau berbicara potret kondisi APBD Kota di Kota Bandung cuma ada Rp7,4 triliun dalam satu tahun untuk membangun kota," katanya.

Adapun berbagai isu strategis yang bisa diselesaikan bersama seperti pendidikan, kesehatan, infrastruktur, UMKM, banjir, kemacetan, sampah, kemiskinan, dan berbagai isu strategis lainnya.

"Saya atas nama pemerintah kota mengucapkan terima kasih atas kontribusi dalam perbaikan kesejahteraan di Kota Bandung sesuai kewenangan masing-masing," kata Ema.

Sementara itu, Ketua Forum TJSL Kota Bandung, Binsar Naipospos mengatakan, secara statistik terdapat lebih kurang 3.800 dunia usaha baik kecil menengah maupun besar yang berkegiatan membuka usaha di wilayah administrasi Kota Bandung.

Ia menjelaskan, terkait dengan tingkat partisipasi yang ikut membantu program TJSL Kota Bandung pada tahun 2023 sebanyak 169 perusahaan. Data ini meningkat 28 perusahaan dibandingkan dengan tahun 2022 sebanyak 132 perusahaan

“Dana TJSL tahun 2023 mencapai Rp19,03 miliar. Angka ini naik dari tahun 2022 sebesar Rp17,25 miliar,” kata Binsar.

Pewarta: Rubby Jovan Primananda
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024