Jakarta (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengimbau warga Jakarta untuk tidak mudik (pulang kampung) menggunakan kendaraan roda dua atau sepeda motor demi keselamatan bersama.
 
"Saya imbau untuk pertama saya ucapkan selamat beribadah puasa, yang kedua jika ingin mudik diatur sedemikian rupa menghindari menggunakan kendaraan roda dua," kata Heru di Jakarta Selatan, Jumat.
 
Heru menyebutkan, saat ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta bersama pihak terkait (stakeholder) masih membahas jadwal dan kesiapan mudik gratis Jakarta 2024.
 
Selain itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta juga berkomitmen memfasilitasi segala kesiapan mudik gratis mulai dari segi kendaraan, jadwal dan lain sebagainya.
 
"Pemerintah Daerah bersama Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama pihak terkait yang lain akan memfasilitasi semaksimal mungkin," ujar Heru.
 
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana menyelenggarakan Program Mudik Gratis 2024 dengan ratusan bus untuk mengangkut arus mudik dan balik yang dapat menampung 27 ribu orang.
 
"Pada tahun 2024 direncanakan Pemprov DKI Jakarta melaksanakan Program Mudik Gratis, ada ratusan bus ke-19 kota atau kabupaten di enam provinsi di Jawa dan Sumatra dengan kapasitas lebih dari 27 ribu penumpang," kata Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono kepada ANTARA di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Kamis (29/2).
 
Pemprov DKI Jakarta menyiapkan 259 unit bus untuk arus mudik dan 210 unit bus untuk arus balik. Selain itu, disediakan 13 unit truk untuk mengangkut sepeda motor saat arus mudik dan 10 unit truk untuk arus balik.
Baca juga: Mudik gratis DKI 2024 sediakan ratusan bus untuk tampung 27 ribu orang
Baca juga: Pemprov DKI pastikan armada bus Mudik Gratis 2024 laik jalan
 

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024