Green mobility menjadi titik berat manufaktur untuk menghasilkan kendaraan yang ramah lingkungan dengan berbagai kemajuan teknologi
Jakarta (ANTARA) - Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan untuk mencapai mobilitas hijau atau mobilitas minim polusi (green mobility) perlu adanya dukungan dari pelaku industri, khususnya sektor otomotif.

"Green mobility menjadi titik berat manufaktur untuk menghasilkan kendaraan yang ramah lingkungan dengan berbagai kemajuan teknologi," ujarnya saat meresmikan pameran kendaraan komersial Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2024 di Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan dengan memproduksi kendaraan komersial yang ramah lingkungan, sektor otomotif tanah air secara langsung bisa berkontribusi untuk mewujudkan Indonesia nol emisi karbon pada 2060.

Menperin juga mengatakan dengan memproduksi kendaraan komersial yang minim polusi, hal itu turut membuka potensi untuk mendukung kinerja ekspor Indonesia di pasar internasional.

Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi mengatakan kolaborasi antara pemerintah dan industri dalam menciptakan ekosistem, terbukti mampu mendorong tumbuhnya berbagai sektor, mulai dari industri barang konsumsi, produk komoditas, logistik, pariwisata, serta pertambangan.

Hal tersebut secara langsung membantu perekonomian Indonesia untuk terus bergerak maju seiring dengan langkah-langkah pemulihan yang dijalankan bersama.

Adapun pada 2023 pihaknya mencatat industri kendaraan bermotor Indonesia menyentuh angka penjualan atau wholesales yang melampaui satu juta unit, yang mana industri kendaraan komersial memberikan kontribusi sebesar 23,6 persen dan angka tersebut masih terus ditingkatkan.

"Gaikindo meyakini sudah saatnya untuk kembali menyelenggarakan pameran khusus kendaraan komersial untuk memberikan dorongan positif pada capaian industri kendaraan komersial Indonesia, menuju target positif sejumlah 270 ribu unit pada tahun 2024," ujar Nangoi.

Baca juga: Kemenperin: VinFast bakal investasi 1,2 miliar dolar untuk produksi EV
Baca juga: Menperin undang Vietnam kerja sama kembangkan kendaraan listrik
Baca juga: Menperin: Indonesia jadi pusat otomotif yang sibuk di ASEAN

Pewarta: Ahmad Muzdaffar Fauzan
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024