Jakarta (ANTARA) - Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA bersama Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) berkolaborasi dalam pelayanan publikasi dan penyebaran informasi terutama di bidang pendidikan dan riset.

Sinergi dan kolaborasi tersebut diwujudkan dengan penandatanganan kerja sama antara Direktur Komersil LKBN ANTARA Jaka Sugiyanta Suryo bersama Wakil Rektor IV UINSU Prof. Dr. H. Muzakkir, M.Ag.

“ANTARA sudah berdiri sejak sebelum Indonesia merdeka. Semoga setelah ini banyak kolaborasi baik terkait pemberitaan, pelatihan jurnalistik hingga magang bagi mahasiswa,” kata Jaka di Gedung Wisma Antara B di Cikini, Jakarta, Jumat.

Jaka menuturkan LKBN ANTARA yang merupakan satu-satunya kantor berita milik pemerintah Indonesia ini telah berdiri sejak 1937 bahkan berperan dalam menyiarkan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 1945.

Meski ANTARA sudah berumur 86 tahun, Jaka memastikan kantor berita ini selalu mengikuti perkembangan dunia informasi dan jurnalistik yang sangat dinamis.

Hal tersebut dibuktikan dengan adanya Lembaga Pendidikan Jurnalistik ANTARA (LPJA) yakni unit usaha pendidikan dan pelatihan milik LKBN ANTARA yang sangat berperan besar dalam mencetak para jurnalis handal.

Tak hanya itu, Jaka mengatakan LKBN ANTARA juga sangat terbuka dengan berbagai program magang bagi mahasiswa mulai dari Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Kemendikbudristek maupun Magang Generasi Bertalenta (MAGENTA) BUMN.

Baca juga: LKBN ANTARA mempererat relasi melalui ANTARA Business Forum di Medan

Sementara itu, Wakil Rektor IV UINSU Prof. Dr. H. Muzakkir, M.Ag. menuturkan segala fasilitas pelayanan publikasi dan penyebaran informasi yang dimiliki LKBN ANTARA sangat sesuai dengan kebutuhan UINSU.

Ia menyatakan melalui kerja sama dengan LKBN ANTARA pihaknya ingin meningkatkan sosialisasi mengenai program-program dan prestasi yang dimiliki UINSU terhadap masyarakat secara lebih luas.

Selain itu, ia menjelaskan di UINSU terdapat Fakultas Dakwah dan Komunikasi serta Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Dinamika UINSU yang diharapkan potensi para mahasiswa dapat semakin berkembang melalui kerja sama ini.

“Mudah-mudahan ini awal yang baik yang nantinya akan ditindaklanjuti oleh fakultas kami termasuk Fakultas Dakwah dan Komunikasi,” ujar Muzakkir.

Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UINSU Dr. Hasan Sazali, MA. pun turut berharap nantinya kerja sama dengan LKBN ANTARA dapat memberi penyegaran terhadap keilmuan jurnalistik di kampus.

“Dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi juga perlu penyegaran. Kami tidak bisa memanfaatkan dokumen 10-20 tahun yang lalu karena riset-riset media itu sangat kuat dan dinamis,” katanya.

Baca juga: Ombusdman harap ANTARA jadi penjernih informasi merawat Indonesia

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024