Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) meminta perguruan tinggi untuk mengoptimalkan operasional dan fungsi Science Techno Park (STP) agar bermanfaat bagi negara.

“Melalui Science Techno Park, kampus harus mulai menjadi mesin pertumbuhan ekonomi melalui riset dan inovasi,” kata Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbudristek Nizam di Jakarta, Jumat.

Nizam menuturkan optimalisasi fungsi dan operasional STP akan mampu menghasilkan produk-produk berkualitas tinggi sehingga memberikan dampak positif bagi perkembangan industri di Indonesia.

Pengembangan STP dipandang sebagai langkah strategis dalam memajukan hasil riset dan teknologi menuju proses industrialisasi yang lebih baik.

Hal ini sesuai dengan visi misi Presiden Republik Indonesia yang tertuang dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2020 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2020-2024.

Nizam menekankan STP di Indonesia diharapkan tidak hanya berfungsi sebagai pusat pengembangan teknologi namun juga menjadi sarana untuk menghasilkan spin-off yang bermanfaat bagi pertumbuhan ekonomi.

Baca juga: 25 PTN siap terima mahasiswa baru lewat jalur SMMPTN-Barat

Menurutnya, kampus harus mulai menjadi mesin pertumbuhan ekonomi melalui riset dan inovasi melalui STP ini termasuk dengan membangun jaringan global seperti menghubungkan pusat riset Indonesia dengan pasar global.

Sementara itu, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dalam optimalisasi fungsi STP seperti manajemen pengelolaan yaitu fokus pada kerjasama antara kampus dan STP dengan memperhatikan tridharma yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Model kerjasama yang melibatkan inkubasi, akselerasi, dan pengelolaan unit usaha hingga kini pun telah diterapkan oleh beberapa perguruan tinggi.

Selain itu, diperlukan peningkatan personil yang terlatih di STP serta integrasi riset dosen dan mahasiswa untuk menghasilkan inovasi yang dapat diaplikasikan secara komersial.

Tak hanya membutuhkan dukungan pemerintah untuk kelancaran investasi jangka panjang, peran mahasiswa juga penting dalam STP sebagai penggerak inovasi dan calon pengusaha yang potensial.

Selanjutnya, model kerja sama dengan industri harus lebih terbuka dan beragam yang tidak hanya terbatas pada MoU melainkan juga melalui berbagai kegiatan jaringan industri.

Manajemen keuangan secara tepat juga penting yaitu dengan memperhatikan aturan yang berlaku dan memastikan pendanaan yang jelas.

Terakhir yaitu hilirisasi teknologi yakni infrastruktur harus memadai untuk mendorong hilirisasi dengan fokus pada pengembangan produk dan prototipe.

Baca juga: Bahasa Indonesia jadi bahasa resmi sidang UNESCO

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024