Jakarta (ANTARA) - Pembalap Red Bull Max Verstappen mempertahankan dominasi dengan mengklaim pole keduanya pada Formula 1 musim 2024, setelah menjadi yang tercepat pada sesi kualifikasi Grand Prix Arab Saudi, Sabtu WIB.

Verstappen mencatatkan waktu lap tercepat yang lebih impresif dibandingkan dengan catatan pada tiga sesi latihan bebas yang digelar di Sirkuit Jeddah Corniche, dengan 1 menit 27,472 detik.

Ia berada di depan pembalap Ferrari Charles Leclerc yang terus menjadi salah satu pesaing terberatnya di dua balapan pembuka musim ini, dengan hanya terpaut 0,319 detik saja dari sang juara bertahan.

Ini merupakan kedua kalinya Leclerc berada di posisi kedua dalam perebutan posisi terdepan dengan Verstappen, setelah sebelumnya juga finis di posisi yang sama pada GP Bahrain, beberapa waktu lalu.

Polesitter sekaligus juara GP Arab Saudi 2023, Sergio Perez, juga membuktikan dirinya masih layak untuk mempertahankan gelar walaupun finis di posisi ketiga dengan margin 0,335 detik dari rekan satu timnya tersebut.

Baca juga: Verstappen puncaki sesi latihan bebas ketiga GP Arab Saudi

Berada di posisi keempat, ada pembalap veteran Fernando Alonso (Aston Martin) yang tampil dengan cerdik dan sabar untuk masuk ke dalam daftar lima pembalap tercepat pada kualifikasi GP Arab Saudi kali ini. Ia memiliki selisih waktu 0,374 detik dari pemimpin balapan.

Berada di belakangnya, adalah pembalap muda Oscar Piastri (McLaren) yang berhasil merebut tempat kelima dari rekan satu timnya, Lando Norris. Piastri memiliki margin 0,617 detik dari Verstappen, sementara Norris harus puas berada di urutan keenam dengan selisih 0,043 detik saja dari sesama pembalap berseragam warna pepaya itu.

Melengkapi daftar 10 besar, ada George Russell (Mercedes), Lewis Hamilton (Mercedes), Yuki Tsunoda (RB), dan Lance Stroll (Aston Martin).

Di sisi lain, pembalap muda Ferrari Oliver Bearman hampir saja mampu menembus daftar 10 pembalap tercepat pada balapan debutnya di F1, setelah hanya terpaut tipis dari Stroll.

Setelah ini, para pembalap akan bersiap untuk menghadapi balapan utama GP Arab Saudi yang akan digelar pada Minggu (10/3) pukul 00.00 WIB.

Baca juga: Sainz absen di GP Arab Saudi, digantikan pembalap F2 Ferrari
Baca juga: Statistik Grand Prix Arab Saudi di Jeddah


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024