Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan kesiapan pelayanan yang optimal di Bandara Internasional Soekarno-Hatta dalam menghadapi angkutan penumpang arus mudik menjelang bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1445 Hijriah.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan M Kristi Endah Murni dalam keterangan di Jakarta, Sabtu mengatakan melakukan pengecekan dan pemantauan langsung ke terminal 1, 2 dan 3 Bandara Internasional Soekarno - Hatta dalam rangka libur panjang dan angkutan udara menjelang Ramadhan dan Lebaran.

“Berdasarkan hasil monitoring secara keseluruhan berjalan aman dan lancar. Di area drop off kami mengamati adanya peningkatan antrean akibat lonjakan penumpang saat peak season,” kata Kristi.

Kristi menyebut data terkini mulai terjadi lonjakan penumpang di bandara tersebut. Terdapat sebanyak 998 penerbangan yang berlangsung dengan jumlah 161.682 penumpang.

Mengatasi lonjakan penumpang tersebut, Kristi memerintahkan agar petugas bandara di area drop off ditambah guna menghindari antrean panjang. Selain itu, sebagian besar counter check-in saat ini akan difungsikan hanya sebagai tempat untuk meletakkan bagasi.

“Penumpang dapat melakukan check-in secara online dan self check-in melalui mesin yang tersedia. Selain itu perlu penempatan petugas yang membantu penumpang yang masih membutuhkan bantuan. Diharapkan hal ini dapat meningkatkan efisiensi dan mengurangi antrean,” jelasnya.

Kristi juga menyempatkan mengecek fasilitas toilet di area publik yang akan banyak dipergunakan oleh penumpang. "Sangat penting memastikan fasilitas toilet berfungsi dengan baik dan menjaga kebersihannya," ungkap Kristi.

Saat peninjauan, Kristi didampingi oleh para Direktur Teknis di lingkungan Ditjen Hubud dan Kepala Otoritas Bandara Wilayah I melanjutkan peninjauan ke area boarding lounge, dan terminal 2 yang sedang direnovasi, khusus untuk terminal umrah.

Kristi menambahkan secara keseluruhan semua prosedur penerbangan berjalan aman terkendali dan fasilitas bandara berfungsi optimal.

"Saya imbau menjelang angkutan udara lebaran, agar semua pihak dapat berkolaborasi dan sinergi untuk memastikan penerbangan yang selamat, aman, dan nyaman," pungkas Kristi.

Baca juga: Soetta ditetapkan jadi bandara paling pulih dari dampak pandemi
Baca juga: Menhub: Jumlah penumpang pesawat naik tanda sektor aviasi membaik
Baca juga: Kemenhub harap 2024 jadi momentum sektor penerbangan pulih 100 persen

 

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024