Bankaltimtara berkomitmen hadir dan mendukung persiapan, pembangunan, pemindahan serta pengelolaan Ibu Kota Nusantara
Jakarta (ANTARA) - Direktur Utama PT Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara (Bankaltimtara) Muhammad Yamin mengatakan pembangunan infrastruktur yang merata merupakan kunci untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

"Pembangunan infrastruktur yang merata menjadi kunci utama dalam mendukung visi ini, menghubungkan satu daerah dengan daerah lain, meningkatkan efisiensi dan membuka akses ke wilayah terpencil, terdepan dan terluar," ujar Muhammad dalam keterangan di Jakarta, Sabtu.

Muhammad mengatakan selama ini Bankaltimtara telah menjalin kerja sama dengan berbagai mitra strategis. Bankaltimtara kerja sama dengan PT Bina Karya (Persero), BUMN yang dikelola oleh Otorita Ibu Kota Nusantara untuk pembiayaan pembangunan proyek multi utility tunnel di IKN.

Untuk itu, Bankaltimtara berkomitmen mendukung proyek itu sepanjang memenuhi ketentuan dan persyaratan yang berlaku.

Baca juga: Presiden harap Bank Kaltimtara di IKN bentuk konsorsium BPD

Baca juga: Penyertaan modal Pemkab Mahulu ke Bank Kaltimtara mencapai Rp30 miliar


"Bankaltimtara berkomitmen hadir dan mendukung persiapan, pembangunan, pemindahan serta pengelolaan Ibu Kota Nusantara," kata Muhammad.

Pj. Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik mengatakan Pemprov Kaltim bekerja sama dengan Bankaltimtara dan IPB telah memetakan berbagai potensi 841 desa dan 110 kelurahan di provinsi tersebut.

"Kami berharap data-data akurat itu dapat membantu para investor dan pebisnis yang tertarik masuk ke Kaltim untuk mengembangkan perekonomian," ujar Akmal.

Sementara itu, Deputi Komisioner Internasional, APU/PPT, dan Daerah Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Bambang Mukti Riyadi mengatakan kendati masih menghadapi ketidakpastian akibat konflik geopolitik dan lainnya, perekonomian global masih bertumbuh positif pada 2023.

"Bicara domestik, mesin pertumbuhan ekonomi sekarang ke daerah. Ke depan bagaimana ingin maju harus cari sumber pertumbuhan daerah, khususnya Kaltim dan Kaltara, terutama dengan kehadiran IKN," ujar Bambang.

Bambang mengingatkan kepada Bankaltimtara untuk terus memperkuat kapasitas SDM dan organisasi.

"OJK dukung [Bankaltimtara]. Kami dari policy dukung BPD agar bisa makin berperan, terus tumbuh. Saya percaya visi dan misi Bankaltimtara bisa memainkan fungsi dan pelopor pembangunan di Kaltim dan Kaltara," ujar Bambang.

Baca juga: BNI gandeng Bank Kalsel, Kaltimtara, dan Kalbar tingkatkan pelayanan

Baca juga: Komite Badan Bank Tanah tinjau Maket Masterplan Penajam Paser Utara 

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024