Kami sudah menyiapkan dua unit free shuttle bus dari Jembatan Batang Anai untuk mengangkut calon penumpang menuju bandara atau sebaliknya.
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan penerbangan di Bandara Internasional Minangkabau, di Padang, Sumatera Barat tak terganggu meskipun akses jembatan penghubung menuju bandara tersebut ditutup sementara sejak Jumat (8/3).

“Meski akses menuju Bandara Internasional Minangkabau ditutup sementara akibat banjir, Kemenhub memastikan tidak ada penerbangan terganggu,” kata Kepala Bagian Kerja Sama Internasional, Humas dan Umum Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Mokhammad Khusnu dalam keterangan di Jakarta, Sabtu.

Khusnu menerangkan bahwa akses jembatan penghubung menuju Bandara Internasional Minangkabau ditutup sementara dikarenakan terkikisnya fondasi atau pasir yang berada di bawah jembatan di daerah tersebut.

“Karena genangan air akibat curah hujan yang sangat tinggi, sehingga mengalami kerusakan dan tidak dapat dilewati kendaraan,” ujar Khusnu.

Kepala Otoritas Bandar Udara Wilayah VI Capt Megi H Helmiadi mengatakan untuk mengantisipasi tertutupnya akses menuju bandara, maka telah disediakan dua unit free shuttle bus dari Jembatan Batang Anai menuju bandara, dan sebaliknya.

“Kami sudah menyiapkan dua unit free shuttle bus dari Jembatan Batang Anai untuk mengangkut calon penumpang menuju bandara atau sebaliknya, sehingga diharapkan kepada calon penumpang pesawat untuk datang lebih awal dari jam keberangkatan pesawat,” kata Megi.

Megi menyampaikan bahwa pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan kepolisian dan pemerintah daerah setempat.

Dia juga mengimbau bagi masyarakat yang hendak menuju bandara disarankan dapat menggunakan jalur kereta api atau jalur alternatif lainnya.

Megi menyebut jalur alternatif dari Kota Padang menuju bandara, yakni melalui flyover kemudian belok kiri ke Pasar Usang Batang Anai, lalu belok kiri ke Simpang 3 Goreng.

Sedangkan dari arah Bukittinggi belok kanan ke Pasar Usang Batang Anai kemudian belok kiri ke Simpang 3 Goreng.

“Saat ini penerbangan di Bandara Internasional Minangkabau masih berjalan normal. Kita berharap cuaca buruk ini segera berakhir dan semua kerusakan dapat diatasi. Kami akan selalu memastikan keselamatan dan keamanan penerbangan tetap terpenuhi,” kata Megi.
Baca juga: Bandara Internasional Minangkabau ditutup imbas erupsi Gunung Marapi
Baca juga: AP II pastikan fasilitas bandara dalam kondisi baik sambut jamaah haji


Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024