Beijing (ANTARA) - Penggunaan kendaraan energi baru (new energy vehicle/NEV) mencakup 77,6 persen dari sistem transportasi umum di China, demikian disampaikan oleh Menteri Transportasi China Li Xiaopeng pada Jumat (8/3) di sela-sela pertemuan "Dua Sesi" yang sedang berlangsung.

Saat berbicara mengenai pencapaian dalam pengembangan transportasi, Li mengatakan China mencatat perkembangan pesat dalam hal transportasi yang ramah lingkungan dan pintar.

Negara tersebut mempercepat pembangunan jalan pintar, jalur kereta pintar, dan pelabuhan pintar. Peralatan energi baru dan energi bersih telah digunakan secara lebih luas, tuturnya.

Li juga mengatakan bahwa China telah membangun jaringan kereta cepat, jaringan jalan bebas hambatan, dan sistem pengiriman pos ekspres terbesar di dunia, serta kluster pelabuhan kelas dunia.

Kapasitas dukungan layanan transportasi China terus mengalami peningkatan, dan China telah memperkuat kerja sama di bidang transportasi dengan negara-negara lain, imbuhnya.

"Dua Sesi" merujuk pada pertemuan tahunan Kongres Rakyat Nasional (National People's Congress/NPC) dan Komite Nasional Majelis Permusyawaratan Politik Rakyat China (Chinese People's Political Consultative Conference/CPPCC).

Pewarta: Xinhua
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2024