Tokyo, Jepang (ANTARA) - Pemerintah Metropolitan Tokyo telah memasang layar terjemahan transparan yang mencakup 12 bahasa di stasiun kereta bawah tanah guna membantu pengunjung asing menjelang acara olahraga global di ibu kota Jepang pada 2025.

Sistem yang dikembangkan oleh Perusahaan Toppan Holdings dilengkapi dengan papan ketik yang menerjemahkan antara bahasa Jepang dan Inggris, China, Spanyol, dan lainnya, demikian dikutip dari Kantor Berita Kyodo pada Sabtu.

Layar transparan tersebut, dipasang sebagai uji coba pada akhir Februari di Stasiun Tochomae Jalur Oedo di Daerah Shinjuku, memungkinkan individu untuk melihat ekspresi wajah saat membaca subjudul di layar, sehingga membantu komunikasi, kata seorang pejabat pemerintah Tokyo.

Layar serupa dipasang di Stasiun Seibu Shinjuku milik Perusahaan Seibu Railway dan beberapa konter layanan informasi wisata di Tokyo tahun lalu.

Beberapa toko retail, termasuk toko serba ada Takashimaya di Osaka, juga memasang layar tersebut sebagai respons terhadap meningkatnya jumlah pengunjung asing, menurut perusahaan Toppan.

Layar tersebut dapat menampilkan teks untuk kata-kata yang diucapkan dan diketik sehingga orang-orang dengan gangguan pendengaran dan bicara juga dapat berkomunikasi dengan staf kereta api, kata pemerintah Tokyo.

Pemerintah sedang mempertimbangkan untuk memasang layar terjemahan di stasiun-stasiun lain, dengan ibukota yang akan menjadi tuan rumah kejuaraan atletik dunia dan Summer Deaflympics tahun depan.

Sistem yang dipasang di Stasiun Tochomae juga menerjemahkan antara bahasa Jepang dan Korea, Vietnam, Prancis, dan Portugis.

Baca juga: Dubes Heri semangati pelari Indonesia di Tokyo Marathon 2024

Sumber: Kyodo

Penerjemah: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Bayu Prasetyo
Copyright © ANTARA 2024